Penjualan All New Ertiga Tumbuh 10 Persen

Penjualan Suzuki Tumbuh 10 PersenJAKARTA, Bengkulu Ekspress – Indonesia menjadi salah satu basis produksi dan penjualan yang penting bagi Suzuki. Bahkan masuk dalam tiga pilar, diluar Jepang dan India. Tahun lalu, total penjualan Suzuki di pasar otomotif Tanah Air tumbuh 10 persen, sebanyak 107 ribu unit. Tahun ini, Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih optimis dapat meningkatkan penjualannya. Salah satunya dengan melakukan perubahan total pada kendaraan MPV-nya yang memang menjadi pasar terbesar di Indonesia. The All New Ertiga yang diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) diharapkan bisa berkontribusi lebih besar dari model sebelumnya. Peluncuran di pameran ini juga sebagai world premeire global.

“Kami targetkan pertumbuhan Ertiga terbaru ini mencapai 60 persen. Penjualan bulanan Ertiga sebelumnya kisaran 3 ribu unit,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS, kemarin. Jika 60 persen dari 3 ribu unit, artinya Ertiga ditargetkan bisa terjual 4.800 unit atau naik 1.800 unit perbulannya. Kehadiran All New Ertiga ini juga sebagai upaya memperkuat segmen pasar MPV yang memiliki market share 30 persen dari keseluruhan pasar otomotif, terlebih jumlah pemainnya yang terus bertambah dengan hadirnya Mitsubishi Xpander.

All New Ertiga ini diproduksi di pabrik Cikarang dengan tingkat kandungan lokal 84 persen. Model anyar ini akan memiliki tiga tipe, yakni GA, GL dan GX. “Kami belum bisa sampaikam harga jualnya, namun peminat sudah bisa booking fee mulai hari ini dengn membayar Rp5 juta,” bebernya. Tersedia dalam tujuh warna, dengan dua pilihan baru yakni magma grey metallic dan glorious pearl metallic.

Setiawan surya, 4W Deputy Managing Director SIS menambahkan, berharap besar pada model terbaru ini. “Kami optimis bisa bermain dengan jumlah yang diharapkan cukup besar. Di IIMS, target penjualan total produk sebanyak 1.110 unit, naik dari target sebelumnya 500 unit. Ertiga terbaru akan mulai start delivery 12 Mei nanti,” ujarnya.

Lanjutnya, Ertiga ini tak hanya untuk pasar domestik saja tapi juga akan diekspor ke sejumlah negara. Shuji Oishi, Managing Officer Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation menambahkan, kedepannya bakal terus mengembangkan berbagai produk untuk pasar Indonesia. Terhitung pertama kali dipasarkan 2012, Ertiga hingga kini memiliki populasi sebanyak 243 ribu unit. Sedangkan secara global, per Februari telah terjual 676 ribu unit (Indonesia, India dan 70 negara dan wilayah).

“Ekspor juga kami lakukan ke-80 negara di wilayah Asean (Filipina dan Thailand) dan Amerika Latin. Kedepannya juga akan terus dikembangkan ke negara lain, sehingga ekspor bisa naik 50 persen,” imbuhnya. All New Ertiga ini menampilkan kesan eksterior yang mnciptakan kesan kuat dan elegan dengan grill depan mewah dan garis bahu dinamis. Interiornya diperbarui menampilkan dashboard yang dipahat halis dan aksen corak kayu menawarkan keanggunan berkelas.

Platform heartect generasi terbaru dan bodi lebih panjang 130 mm membuat kabin lebih luas dna bagasi lebih besar. Mesin bensin 1.5 L (K15B) yang baru menghasilkan kombinasi efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan. Versi manual, efisiensi bahan bakarnya mencapai 18,09 Km perliter dan matik 16,73 liter perliter. Peningkatan keamanan dilakukan pada sensor parkir mundur, immobilizer, alarm keamanan, sistem airbag SRS dan lainnya seperti TECT (total effective control technology), desaim bodi yang meminimalisir cedera pejalan kaki, pengair kursi anak (Isofix), hill hold control, ESP (GX) dan ABS with EBD. (edo)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*