Pengumuman CPNS Ditunda

cpns-2014BENGKULU, BE – Rencana Pemerintah Provinsi Bengkulu yang akan mengumumkan hasil tes CPNS hari ini (12/11) akhirnya ditunda. Penundaan pengumuman tersebut dikarenakan terjadi kesalahan perangkingan peserta yang lulus oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), sehingga BKD Provinsi Bengkulu tidak mau menerima hasil perangkingan tersebut, dan meminta Panselnas melakukan perangkingan ulang.
Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Tarmizi BSc SSos saat dikonfirmasi BE sore kemarin, membenarkan adanya penundaan pengumuman kelulusan tersebut.
“Sejak awal memang kita merencanakan pengumuman dilaksanakan besok tanggal 12 Novemver, tapi karena ada kesalahan teknis dari Panselnas, maka pengumuman terpksa kita tunda,” kata Tarmizi, kemarin.
Menurutnya, dengan dilakukan perangkingan ulang itu, pihaknya pun belum bisa memastikan kapan diumumkan. Yang jelas Panselnas setidaknya membutuhkan waktu 1 minggu untuk merangking ulang tersebut.
“Mungkin minggu depan baru selesai dirangking, tapi itu juga belum pasti karena Panselnas bukan hanya mengurus dana peserta tes CPNS dari Pemprov Bengkulu saja, tapi seluruh Indonesia,” terangnya.
Dijelaskannya, kesalahan yang harus dilakukan perangkingan ulang itu adalah Panselnas melulus peserta tes yang tidak memenuhi syarat pada formasi pilihan pertama. Padahal peserta tersebut sudah dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada formasi pilihan utama tersebut, tapi Memenuhi Syarat (MS) pada pilihan kedua dan ketiga. Namun Panselnas justru meluluskan peserta tersebut pada formasi pilihan pertama.
“Kesalahan seperti itu yang membuat staf saya menolak hasil tes itu, karena jika hasil itu diumumkan, pasti akan bermasalah dan tidak menutup kemungkinan menimbulkan protes dari peserta lain. Mengingat pelamar yang dinyatakan TMS pada formasi pilihan pertama tersebut sudah diumumkan pihaknya setelah memferivikasi berkas peserta saat proses pendaftaran beberapa waktu lalu.
“Kesalahan perangkingan seperti ini bukan hanya terjadi pada satu dan dua peserta, tapi cukup banyak. Karena itu kita memilih menunggu hingga Panselnas selesai melakukan perangkingan ulang,” bebernya.

Jamin Nilai Tes Tak Berubah
Meski dilakukan perangkingan ulang tersebut, Tarmizi menjamin tidak akan terjadi perubahan nilai yang diperoleh masing-masing peserta saat mengikuti tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung di LPTIK Universitas Bengkulu 20-25 Oktober lalu.
Jika ada nilai peserta yang berubah saat pengumuman nanti, Tarmizi mengaku siap menerima protes dari peserta dan pihaknya juga siap mempertanyakan perubahan nilai tersebut ke Panselnas.
“Dijamin nilai tidak akan berubah, jadi nanti saat pengumuman silahkan masing-masing peserta mencocokkan nilai yang diumumkan dengan nilai yang diperolehnya saat ujian, jika ada yang berubah silahkan ajukan keberatan kepada kami,” jaminnya.(400)

  • pardie 12 November 2014 at 16:44

    Ada aroma tidak sedap. Sst kerabat orang dalam kayaknya g lulus nih. Wajarlah minta dirubah.