Pengin Turunkan Berat Badan? Lakukan Hal ini Sebelum Tidur

004111_309765_tidurMENDAPATKAN tidur malam yang baik merupakan salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan.

Dan itu merupakan salah satu cara yang paling efektif.

Berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum tidur untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir laman Al-Arabiya, Senin (21/11).

1. Ubah pola latihan atau olahraga Anda

Aktivitas fisik mensimulasikan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang tetap tinggi selama beberapa jam setelah Anda melakukan olahraga.

Memiliki hormon stres yang tinggi pada malam hari bisa membuat Anda sulit tidur, bahkan bisa mengganggu pola tidur.

Pertimbangkan mengganti sesi olahraga pada malam hari menjadi pagi hari atau bahkan selama istirahat makan siang Anda.

2. Dapatkan tidur lebih awal.

Irama sirkadian (jam tubuh Anda) adalah sebuah sistem internal yang alami, yang dirancang untuk mengatur perasaan kantuk dan terjaga selama 24 jam. Mereka dikendalikan otak yang merespon terhadap cahaya.

Inilah sebabnya mengapa manusia paling waspada selama siang hari dan siap tidur ketika gelap. Selama tidur atau siklus bangun ini ada kerangka waktu tertentu untuk perbaikan mental dan fisik.

Siklus perbaikan fisik terjadi pada pukul 10 malam hingga pukul 2 pagi dan setiap saat setelah pukul 2 pagi yang mengarah pada perbaikan mental.

Tidur di jam ini penting untuk perbaikan fisik, karena mengembalikan dan mendukung pertumbuhan otot dan membantu Anda mempertahankan metabolisme yang sehat.

Jika Anda merasa sulit untuk tertidur, cobalah mengurangi ekspos terhadap semua perangkat listrik, seperti TV, laptop, ponsel bahkan lampu neon dan mematikannya setidaknya dua jam sebelum tidur.

3. Mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur.

Anda selalu diberitahu bahwa tidak baik makan sebelum tidur. Bagian ini benar, tetapi itu tergantung pada apa yang Anda makan.

Protein berat seperti daging merah, ayam dan ikan tidak ideal karena mereka memerlukan waktu yang sangat lama untuk dicerna.

Sebenarnya ada juga manfaat kesehatan untuk mengonsumsi camilan yang seimbang, sebelum tidur daripada dengan kondisi perut kosong.

Tubuh masih membutuhkan bahan bakar bahkan ketika Anda sedang tidur dan ketika tidak ada makanan di sistem Anda, maka hormon stres akan dilepaskan.

Ini mengganggu pola tidur dan menyebabkan hormon darurat, seperti kortisol memecah jaringan otot Anda untuk bahan bakar yang dibutuhkan.

Hormon stres juga bisa memengaruhi sensitivitas insulin dan menyebabkan peningkatan penyimpanan lemak di bagian pinggang dan perut Anda.

Asam amino yang ditemukan dalam protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot sepanjang malam.

Karena itu, tak ada salahnya mempertimbangkan atau mengonsumsi camilan yang seimbang 30 menit sebelum tidur, yang terdiri dari protein seperti satu cangkir susu dengan satu sendok teh madu.

Atau tiga sendok makan keju cottage dan stroberi atau tiga sendok makan yogurt polos dengan satu sendok teh madu.(fny/chi/jpnn)