Rabu, 5/03/2014 - 13:00 WIB
Curup Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

Penghitungan Tuntas 1 Hari

IMG_8139CURUP, BE - Rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2014 di Kabupaten Rejang Lebong (RL) diwacanakan tuntas dalam satu hari.  Hal itu terangkum dalam rapat koordinasi persiapan Pemilu 9 April yang dipimpin langsung Bupati RL H. Suherman, SE. MM di ruang rapat Bupati RL, Selasa (4/3) melibatkan segenap unsur forum koordinasi pimpinan daerah, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri Curup, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten RL, Panitia Pengawas Pemilu, Camat se-Kabupaten RL serta instansi terkait lainnya.
“Jika memungkinkan, bisa tidak hasil rekapitulasi di tempat pemungutan suara tuntas 1 hari, untuk menghindari kecurangan,” ungkap bupati.
Hal itu disambut baik KPU RL, melalui Komisioner Halid Saifullah, SH. Pihaknya sangat mendukung untuk mempercepat hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut.  “Semestinya waktu maksimal hasil penghitungan suara sampai ke KPU Kabupaten itu 5 hari, karena ada tahapan penghitungan suara di tingkat TPS, Kelurahan, Kecamatan hingga sampai ke KPU,” terangnya.
Hanya saja, Halid mengaku optimis rekapitulasi penghitungan suara bisa tuntas selama tiga hari hingga sampai ke rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten.  “Penghitunga suara di TPS dimulai pukul 13.00 WIB, artinya bisa sampai sore hasil penghitungan di TPS tuntas atau malam, lalu menginap di desa dan kelurahan untuk kembali di rekapitulasi sampai ke kecamatan.  Untuk menghindari kecurangan di tingkat itu, kita punya pegangan hasil rekapitulasi C 1 di TPS yang langsung dikirim ke KPU sebagai kontrol menghindari kecurangan,” tegas Halid.
Kapolres RL AKBP Edi Suroso, SH yang ikut terlibat dalam rapat koordinasi persiapan Pemilu 9 April juga mengungkapkan dukunganya terhadap percepatan rekapitulasi penghitungan suara. “Memang lebih cepat lebih baik, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Namun kami tetapi berharap ketelitian dan kecermatan dalam penghitungan harus diutamakan untuk menghindari salah rekap dan sebagainya,” pinta Kapolres.
Terkait rapat koordinasi persiapan Pemilu tersebut, Halid mengungkapkan apresiasinya atas dukungan pemerintah, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, dan intansi terkait lainnya terhadap dukungan persiapan pemilihan umum. “Terhadap rapat koordinasi tersebut kami sangat mengapresiasi dukungan Bupati, Kapolres, Kajari, Dandim yang luar biasa terhadap upaya mensukseskan Pemilu 9 April, mudah-mudahan terselenggara dengan baik,” harapnya. (999)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


lima × 1 =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved