Penggunaan DD Masih Dominan Fisik

CURUP, Bengkulu Ekspress – Penyerapan  dan Dana Desa (DD) di Kecamatan Bermani Ulu masih di dominasi pembangunan fisik. Hal tersebut disampaikan Camat Bermani Ulu, Asmawardi SSos, saat ditemui Selasa (16/1) kamarin.

“Hingga saat ini penggunaan DD maupun ADD masih didominasi pada pembangunan fisik,” terang Asmawardi.

Menurut Asmawardi, pembangunan yang dilakukan 12 desa di Kecamatan Bermani Ilu tersebut seperti pembangunan jalan, pembangunan drainase dan sejumlah kegiatan fisik lainnya.

Sementara itu, untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), saat seluruh desa yang ada di Kecamatan BUR sudah memiliki BUMDes.

BUMDes tersebut bergerak pada sejumlah bidang usaha mulai dari penyewaan tenda seperti di Desa Kampung Melayu, penggilingan kopi di Desa Pagar Gunung dan penyediaan sarana air bersih di Desa Baru Manis.

“Semuanya sudah memiliki BUMDes dan sekarang sudah mulai berjalan,” tambah Asmawardi.

Disisi lain, untuk memastikan penyerapan ADD dan DD di Kecamatan Bermani Ulu sesuai aturan. Pihak kecamatan yang dipimpin langsung camat melakukan monitoring diseluruh desa yang ada di Kecamatan Bermani Ulu. Dimana dari 12 kecamatan yang ada tersebut, saat ini tinggal tiga desa lagi yang belum dilakukan monitoring dan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Dari 9 desa yang telah kita lakukan monitoring, semuanya berjalan dengan kita berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari penggunaan ADD dan DD,” harap Asmawardi. (251)