Minggu, 30/12/2012 - 09:40 WIB
Seputar Kota | beonline - Bengkulu Ekspress

Pengguna Jampersal Tinggi

RATU SAMBAN, BE-   Program Jaminan Persalinan (Jampersal) di Kota Bengkulu meningkat 90% dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2011 pengguna Jampersal hanya 29 pasien, namun ditahun 2012 jumlah  pasien yang menggunakan Jampersal mencapai 1.203  pasien,  telah dilayani  sebanyak 87  tenaga medis. Keberhasilan  itu tidak lepas dari kerjasama dan sosialisasi  dinkes dan  bidan praktek swasta di kota Bengkulu.”Tahun 2012 merupakan tahun kedua diberlakukanya Jampersal sehingga  masyarakat sudah mulai mengetahui  apa itu program Jampersal ” kata Kabid  Kesehatan  Ibu dan  anak, dr Dessy Noermadhaningsih.

Pun begitu  jika dilihat dari kuota  yang diberikan kepada warga kota sebanyak 18.924 pasien.Klaim  yang dapat terlayani baru mencapai 1.203 pasien, artinya masih 17.721  klaim yang belum digunakan dan akan dilanjutkan pada program tahun 2013 mendatang.

Jampersal sendiri merupakan bagian pelayanan Kementerian Kesehatan bagi ibu hamil yang yang akan melakukan proses persalinan. Tujuanya untuk meningkatkan akses ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) secara memadai guna menekan angka kematian ibu dan anak, apalagi program  persalinan ini digratiskan dan bisa dirujuk hingga ke tingkat rumah sakit.

“Proses penggunaan jampersal cukup mudah, yakni dengan KTP   atau surat keterangan sudah bisa mengajukan   pelayanan medis ke bidan yang ditunjuk. Dinkes selalu mengsosialisasikan program tersebut diharapkan dengan jampersal mampu menekan angka kematian ibu dan bayi,” tukasnya. (247) 

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved