Pengawasan Tahun Baru Diperketat

BENGKULU, BE – Agar tidak menimbulkan korban jiwa, Pemerintah Kota Bengkulu melakukan pengawasan yang lebih intensif terhadap pelaksanaan tahun baru 2015 mendatang. Proses pengamanan ini terus dimatangkan dalam rapat bersama seluruh unsur Muspida Kota Bengkulu.
“Dalam waktu dekat kita detailkan lagi teknis pengawasannya dengan TNI, Polri, Satpol PP dan unsur-unsur keamanan lainnya. Jangan sampai karena lemahnya pengawasan kita membawa akibat yang fatal,” kata Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda.
Ia tak menampik peringatan tahun baru selama ini terkesan kontraproduktif seperti adanya balapan sepeda motor antar remaja dan meningkatnya konsumsi minuman keras. Disamping itu, perayaan pesta kembang api juga seringkali menyisakan banyak sampah berserakan.
“Semua pihak harus ikut bertanggung jawab dalam menghadapi tahun baru ini. Kita butuh peran serta dari berbagai elemen seperti media, tokoh masyarakat, pengusaha dan seluruh stakeholder yang ada,” ungkapnya.
“Jaga keamanan dan kenyamanan. Yang berkendaraan jangan kebut-kebutan, jangan urakan. Kemudian sampah pasti juga akan jadi masalah besar. Karena liburan sekolah cukup panjang. Mari kita siapkan semua sarana dengan baik. Kita punya nilai-nilai kebangsaan yang luhur untuk menjalani ini semua,” lanjutnya.
Di sisi lain, Pemerintah Kota memperingati malam tahun baru dengan menggelar zikir akbar di Masjid Akbar At Taqwa Kelurahan Anggut Atas, Rabu (31/12). Zikir ini akan diikuti oleh jajaran unsur Muspida dan seluruh Kepala SKPD se Kota Bengkulu berikut para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu.
Bertindak selaku Ketua Panitia, Asisten I Setda Kota, Drs Hilman Fuadi MM. Zikir ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merefleksikan kembali proses perjalanan Pemerintah Kota selama 2 tahun dibawah kepimpinan Walikota H Helmi Hasan SE MM dan Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda.
Ia menjelaskan, Pemerintah Kota sadar, masih ada kekurangan-kekurangan yang masih harus diperbaiki pada tahun 2015 kelak. Karenanya refleksi ini dijadikan sebagai tonggak semangat baru untuk melanjutkan pembangunan Kota Bengkulu dengan melaksanakan berbagai program demi kesejahteraan rakyat.
Sementara Kepala Kemenag Kota Bengkulu, H Muhklisuddin MA, mengimbau kepada warga kota Bengkulu untuk memperingati tahun baru dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Ia merasa perlu untuk menegaskan imbauan ini mengingat selalu adanya korban jiwa dalam peringatan tahun baru di Kota Bengkulu.
“Setiap kali peringatan tahun baru kita sering mendengar ada yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan ada yang tenggelam di laut. Kita harapkan ini tidak terjadi lagi. Perbanyaklah kegiatan-kegaitan keagamaan di rumah ibadah masing-masing seperti zikir untuk umat Islam atau samadhi untuk umat Budha,” demikian Muhklis. (009)