Pengajuan CPNS Ditenggat Akhir April

JAKARTA, BE – Akhir bulan ini adalah tenggat waktu batas terakhir pengiriman usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari daerah ke pusat. Dengan demikian masih ada waktu tersisa beberapa hari lagi untuk mengajukan usulan. Pemerintah provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia diminta untuk segera melaporkan hasil penataan pegawai dan usulan kebutuhan PNS lewat e-formasi hingga batas akhir 30 April mendatang.
“Sesuai Surat MenPAN-RB, batas akhir pengajuan usulan kebutuhan pegawai maupun laporan penataan organisasi kepegawaian hingga 30 April. Lewat itu, pemda tidak akan diberi formasi,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, di Jakarta, Kamis (16/4).
Jika akhir bulan ini ada yang belum menyetorkan usulan formasi CPNS, maka sudah dipastikan bahwa daerah itu tidak akan mendapatkan jatah formasi tahun ini. “Data usulan dari daerah ini akan kita pakai dalam penentuan kebutuhan pegawai nanti. Makanya, bagi daerah yang belum memasukkan hingga akhir April, tidak akan diberi formasi CPNS tahun ini,” ujarnya.
Dia melanjutkan, sebagian besar instansi daerah sebenarnya sudah memasukkan usulan formasi masing-masing sesuai kebutuhan daerah. Tetapi banyak yang tidak sesuai dengan format yang ditetapkan oleh KemenPAN-RB. Pasalnya, KemenPAN-RB menetapkan lima kriteria yaitu wajib dipenuhi yaitu analisis jabatan, beban anggaran yang tidak melebihi 50 persen, beban jabatan, peta jabatan dan perencanaan daerah tersebut.
Tapi, bagi instansi yang hanya memenuhi beberapa point dari kriteria tersebut bisa saja menggelar rekrutmen CPNS 2015. “Belum pasti kita tolak juga kalau hanya memenuhi beberapa kriteria saja. Misalnya, kelebihan pegawai di posisi pejabat struktural tapi kekurangan di posisi yang tidak di moratorium kan yaitu tenaga pendidik dan kesehatan, itu harus ada pegadaan baru,” ujarnya.
Nah, bagi daerah yang belum mengajukan usulan, pihaknya menghimbau agar secepatnya memasukkan melalui sistem elektronik (e-formasi). “Dan bagi yang belum sesuai datanya, silakan diperbaiki lagi. Pemerintah sudah cukup memberikan kelonggaran, jadi jangan mempersulit lagi,” katanya.
Untuk diketahui, tes CPNS 2015 rencananya akan digelar sekitar bulan Agustus-September mendatang. Pemerintah menyediakan formasi untuk 100 ribu kuota. 30 ribu disiapkan untuk tenaga honorer kategori dua (K2), sementara sisanya diperuntukan bagi peserta jalur umum.
“Penetapan formasi CPNS 2015 ini akan rampung sekitar Juni – Juli karena kami harus memverifikasi data usulan yang masuk, yang mengacu kepada analisis jabatan dan analisis beban kerja. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu satu bulan,” pungkasnya.(wmc)