Penertiban Hewan Ternak Dimulai

Hewan ternak bebas berkeliaran di perkantoran  pempa   Mukomuko kemarin saat jam kerja
BUDI/BE PEMDA: Kantor Pemda Mukomuko inilah salah satu sasaran dalam penertiban hewan ternak.

MUKOMUKO, BE – Wakil Bupati Mukomuko, Haidir  menegaskan, optimis di pusat ibukota akan bersih dari hewan ternak. Pemilik ternak yang masih melepasliarkan dipastikan ditindak tegas dan dan penertibannya dimulai awal bulan depan.

“Pemda bekerjasama  dengan pihak – pihak terkait  dan penertiban hingga penindakan tidak tebang pilih hingga nantinya oknum tersebut disidang tipiring,” tegasnya.

Salah satu optimis  kota bersih dari hewan ternak, tambah Haidir, mulai Tahun 2016 ini, khusus untuk beberapa desa/kelurahan di wilayah kota tidak dibolehkan lagi diberikan bantuan hewan ternak.

“Ini salah satu bukti kita serius untuk membersihkan kota ini dari hewan ternak yang dilepasliarkan di fasilitas – fasilitas umum,” pungkas Wabup.

Rencana Pemda Mukomuko akan melakukan penertiban hewan ternak yang berkeliaran di pusat ibukota kabupaten didukung pemuda di daerah tersebut.

Pengurus Karang Taruna Kabupaten sekaligus warga Kota Mukomuko, Robianto  menyampaikan, sudah saatnya pusat ibukota bersih dari hewan ternak yang berkeliaran di fasilitas – fasilitas umum. Selain itu untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan hewan ternak.  Penertiban itu bisa dilakukan asalkan tidak ada tebang pilih. Artinya  siapapun pemilik ternak yang melepas liarkannya di fasilitas – fasilitas umum ditindak tegas.

“Saya  optimis Pemda mampu untuk melakukan penertiban  dengan catatan tanpa tebang pilih,” tegasnya.

Ia menyampaikan, agar pemilik ternak dapat bekerjasama  dengan cara tidak  lagi melepas liarkan hewan peliharaannya di fasilitas – fasilitas umum. Ini untuk menghindari pemilik  ternak tidak dikenakan sanksi tegas yang akan diterapkan pemerintah

“Saya juga ada ternak sapi beberapa ekor, hewan itu saya cari makannya dan dikandangkan,” demikian Robi.  (900)