Penerimaan Ekspor dan Impor Meningkat, Tahun Ini Capai Rp 15 Miliar

Bambang Wikarsono
Bambang Wikarsono

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Angka penerimaan bidang ekspor dan impor di Provinsi Bengkulu sejak tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bengkulu, Bambang Wikarsono mengatakan, pada tahun 2015 lalu, penerimaan di bidang ekspor dan impor hanya diangka Rp 4,5 Miliar. Kemudian tahun 2016 meningkat menjadi Rp 9,1 Miliar. Peningkatan kembali terjadi tahun 2017. Dimana per September 2017 saja, angka penerimaan telah mencapai Rp 15 Miliar.

“Angka Rp 15 Miliar itu, baru sebatas bulan September. Kemungkinan besar masih terus akan bertambah hingga Desember tahun 2017 ini,” terangnya, Senin (02/10/2017).

Menurutnya, peningkatan itu tidak lepas dari dukungan pelabuhan Pulau Baai. Dimana saat ini di pelabuhan sudah bisa disandari kapal-kapal barang, baik ekspor ataupun impor.

“Fungsi pelabuhan Pulau Baai itu sendiri harus tetap ditingkatkan, supaya kapal-kapal barang jenis lainnya juga bisa bersandar,” tambahnya.

Disamping itu, untuk lebih meningkatkan penerimaan, Bambang berharap barang ekspor yang merupakan komoditi lokal Bengkulu, hendaknya dapat ditarik agar bisa diangkut melalui pelabuhan Pulau Baai. Jika itu terwujud, maka dapat dipastikan penerimaan akan semakin besar lagi.

“Sekarang inikan masih banyak komoditi lokal diangkut melalui pelabuhan lain, seperti Crude Palm Oil dan Batu Bara. Kedepan hendaknya diangkut melalui Pulau Baai saja,” pungkas Bambang. (Dil)