Senin, 9/09/2013 - 21:15 WIB
Mukomuko Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

Pendistribusian Benih Ikan Terbatas

MUKOMUKO,BE- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, belum dapat mengakomodir ataupun membatasi untuk pendistribusian benih ikan yang dibutuhkan masyarakat. Pasalnya ketersediaan benih ikan yang ada di balai benih ikan (BBI) terbatas. “ Terpaksa masyarakat yang mengusulkan proposal untuk mendapatkan benih ikan belum dapat direalisasikan maksimal,” aku Kadis Kelautan dan Perikanan, Sukiman. Terbatasnya bibit ikan di BBI, lanjut Sukiman dikarenakan  aliran air melalui irigasi majunto yang menjadi sumber air budidaya ikan di BBI terhenti. Ini dikarenakan adanya kegiatan pengeringan yang dilakukan dinas terkait. “ Tak hanya BBI saja yang sumber air dari irigai terhenti. Beberapa kolam milik masyarakat yang membudidaya ikan juga mengalami hal yang sama khususnya di wilayah kecamatan Lubuk Pinang dan XIV Koto,” katanya.
Saat ini  budidaya ikan yang ada di BBI terpaksa hanya mengandalkan air hujan. Pengeringan air irigasi manjuto itu sudah berjalan sekitar satu bulan, jika pengeringan sampai dua hingga tiga bulan kedepan dan tidak hujan sangat dikhawatirkan  BBI akan kehabisan bibit ikan.  “ Hampir setiap tahun terjadi kondisi serupa, saat ada kegiatan pengeringan air irigasi yang menyebabkan suplai air untuk BBI terputus. Diharapkan adanya kebijakan pengalihan air irigasi khusus untuk BBI saat sedang ada kegiatan pengeringan. Kita  juga akan membuat telaah untuk kedepan agar ada pengalihan air irigasi sehingga kedepan tidak ada lagi dampak dari pengeringan tersebut,” demikian Sukiman. (900)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


lima − = 4

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved