Kamis, 18/07/2013 - 13:37 WIB
Berita Utama | beonline - Bengkulu Ekspress

Pendaftaran CPNS Dimulai

Kemenkeu Buka
700 Lowongan
JAKARTA, BE – Seluruh instansi baik pusat maupun daerah diizinkan mulai membuka pendaftaran CPNS 2013. Hal ini untuk memberikan ruang lebih bagi para pelamar dan instansi pun punya kesempatan mendapatkan calon pegawai yang sesuai kebutuhan.
“Memang saat ini baru Kementerian Keuangan yang sudah membuka pendaftaran CPNS. Ini sah-sah saja, proses kan boleh saja dimulai,” kata Karo Hukum dan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Muhammad Imanuddin kepada JPNN, Rabu (17/7).
Kebijakan Kemenkeu yang lebih awal membuka pendaftaran, menurutnya, hanya masalah teknis untuk kepraktisan saja. Jangan sampai tidak punya waktu untuk menjaring calon peserta. Sebab kalau mendadak umumnya tidak mendapatkan calon yang diinginkan.
Apakah untuk membuka pendaftaran lowongan harus mendapat persetujuan MenPAN-RB? “Tidak usah persetujuan MenPAN-Rb, karena teknis pendaftaran itu diserahkan ke masing-masing instansi. Malah secara pribadi saya mengapresiasi karena Kemenkeu memberikan waktu yang cukup untuk calon pelamar agar tidak dadakan,” jawab Imanuddin.
Intinya, lanjutnya,  lowongan sudah bisa dibuka mulai dari sekarang. Hanya saja untuk tes kompetensi dasar (TKD) dan formasinya tetap menunggu putusan MenPAN-RB.
Meski sudah memberikan ruang bagi instansi pusat dan daerah membuka lowongan, namun menurut Imanuddin, yang berhak melaksanakan seleksi CPNS ada syaratnya. Terutama instansi yang belanja pegawainya di APBD di bawah 50 persen dan tidak ada tenaga honorer tertinggalnya.
“Kalau belanja pegawainya berlebih dan honorernya juga banyak, tidak perlu menerima CPNS lagi. Kemenkeu banyak honorernya tapi mereka tidak mengusulkan honorer tertinggalnya menjadi CPNS sehingga layak kalau membuka lowongan bagi pelamar umum,” tandasnya.

Persyaratan
Sementara itu persyaratan untuk mendaftar tes CPNS di Kementerian sudah dilansir di artikel Sekretariat Kabinet, Rabu (17/7/2013). Adapun tahapan rekrutmen di Kementerian Keuangan terdiri dari: Seleksi Administrasi; Tes Kompetensi Dasar; Psikotes; Tes Kesehatan dan Kebugaran; Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana; serta Pemberkasan.
Lowongan yang dibutuhkan 700 orang.  Ke-700 CPNS dibagi dalam 5 klasifikasi pendidikan. Lowongan telah dibuka sejak tanggal 14 Juli hingga 29 Juli. Pendaftaran telah dibuka secara online.
Untuk S1, dibutuhkan 208 orang lulusan Akuntansi untuk jabatan penata laporan keuangan atau analis pajak dan 92 lulusan manajemen keuangan untuk memenuhi jabatan sebagai analis pajak.
Sementara itu, dibutuhkan 35 lulusan D3 Pelayaran jurusan pelayaran (nautika) untuk jabatan mualim dan 25 orang lulusan pelayaran (teknika) untuk jabatan juru motor.
Sedangkan untuk D3 umum, dibutuhkan 38 lulusan kimia/analis kimia, 22 lulusan farmasi/analis farmasi, dan 10 lulusan teknik mineral/ teknik pertambangan mineral/ teknik pengecoran logam untuk jabatan analis laboratorium.
Kemudian lulusan SMK Pelayaran, dengan klasifikasi 91 orang lulusan SMK Pelayaran/ SPM Nautika untuk juru mudi II dan 63 lulusan SMK Pelayaran/ SPM Teknika untuk jabatan juru minyak I/II.
Serta, 116 lulusan SMK umum dengan klasifikasi 17 lulusan SMK Teknik Mesin, 17 lulusan SMK Teknik Perkapalan, 17 lulusan SMK Teknik Telekomunikasi, dan 26 lulusan SMK Teknik Perkapalan (konstruksi kapal kayu/ kapal fiberglass/ kapal baja) untuk jabatan kelasi kapal, 23 lulusan SMK Teknik Kimia dan 16 SMK Farmasi untuk jabatan analis laboratorium.
Pendaftar yang telah memenuhi syarat diminta untuk melakukan pendaftaran secara online yang dibuka 14-29 Juli 2013 melalui http://rekrutmen.depkeu.go.id. Kemudian, pendaftar harus menyertakan seluruh persyaratan yang disampaikan dalam situs tersebut,
Berkas lamaran disampaikan ke panitia pusat paling lambat 6 Agustus 2013 (cap pos). Seleksi administrasi akan diumumkan pada 30 Agustus 2013 melalui website Kemenkeu www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id, serta Kantor Perwakilan Kemenkeu di daerah.
“Dalam rangka rekrutemen CPNS ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/ tes” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin dalam pengumuman di website Kemenkeu.(**)

Persyaratan Tes CPNS Kemenkeu

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi kartu identitas, dapat berupa KTP/SIM yang masih berlaku
2. Pelamar tidak pernah dipenjara/dihukum yang dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli
3. Pelamar dalam keadaan sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat asli yang ditandatangani oleh dokter pemerintah
4. Pendidikan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai minimal 3.00 (skala 4.00).

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. mike mengatakan:

    ini pengumuman kpn ya? thn 2012 atau 2013. beritanya di post 18-7-2013, tp deadline tgl nya 2012 semua..

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 7 = dua puluh delapan

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved