Penambang Pasir Ilegal di Kaur Ditindak Tegas

DIKUMPULKAN: Para penambang pasir di wilayah KS Kabupaten Kaur saat dikumpulkan di Aula Mapolsek KS, Jum,at (15/12)
DIKUMPULKAN: Para penambang pasir di wilayah KS Kabupaten Kaur saat dikumpulkan di Aula Mapolsek KS, Jum,at (15/12).

KAUR SELATAN,BENGKULU EKSPRESS – Pihak Polsek Kaur Selatan (KS) berjanji akan menindak tegas para penambang pasir ilegal yang nekat beroperasi di kawasan pantai Kecamatan Kaur Selatan. Tindakan tegas ini disampaikan Kapolsek KS, Iptu Surya Permana SH saat mengumpulkan para penambang pasir wilayah KS, Jum’at (15/12).

“Kita berharap melalui pembinaan ini, kita minta kepada warga yang selalu mengambil pasir di pingir pantai ini untuk tidak lagi mengeruk pasir,” tegas Kapolsek, kemarin (15/12). Dikatakan Kapolsek, bahwa penambangan pasir pantai ilegal disepadan pantai sudah berjalan bertahun-tahun. Akibat dari penambangan tersebut, lingkungan menjadi rusak parah juga pasir berubah menjadi kolam dan jalan juga menjadi rusak. Setelah kita berikan arahan kedepan tidak ada lagi masyarkat yang melakukan penambangan pasir yang ada di pantai.

Juga para penambang agar menghentikan aktifitas penambangan, kalau tidak akan dilakukan penegakan hukum. Juga para penambang menghentikan segala aktifitas penambangan. Berhenti selamanya, bukan berhenti sementara.
“Apabila mereka masih membandel melakukan penambangan, kami akan melakukan tindakan hukum dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya

Ditambahkan Kapolsek, selama pertambangan pasir di wilayah KS banyak menemukan kendala. Namun juga sudah beberapa warga yang berhasil diamankan polisi. Juga pihaknya tetap komitmen untuk menertibkan para pelaku tambang yang secara keseluruhan masih dinyatakan ilegal. Juga para pelaku tambang ilegal diakui Kapolsek selalu main kucing-kucingan dalam menjalankan aktivitasnya. “Nanti razia tambang ilegal ini rutin kita gelar dan siapapun yang tertangkap akan kita tindak, karena pembinaan sudah kita lakukan. Ini demi menjaga lingkungan kita agar tidak abrasi,” jelasnya.(618)