Pemprov Usulkan CPNS Praja IPDN

IPDN_ilustrasiBENGKULU, BE – Selain akan mengusulkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum pada 2016, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan membuka penerimaan CNPS dari jalur khusus yakni program praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu sudah menerima surat dari Menteri Dalam Negeri terkait dengan penerimaan mahasiswa IPDN ini, hanya saja jumlah kuota yang diterima untuk se-Provinsi Bengkulu belum disampaikan.  “Surat edarannya sudah masuk ke BKD, tapi penjelasan lebih lanjut seperti jumlah yang diterima belum ada,” kata Kepala BKD, Kausar Agus Hutasi melalui Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karir, Arna Mareta MSi, kemarin.

Selain belum ada jumlah mahasiswa IPDN yang akan direkrut, mengenai persyaratan atau kriteria calon pesertanya juga ada. Surat tersebut hanya memberitahukan bahwa akan ada penerimaan mahasiswa IPDN tahun 2016 mendatang.

Dijelas Arna, penerimaan calon mahasiswa IPDN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yakni tesnya hanya dilakukan secara manual, seperti tes tertulis, wawancara, kesehatan, psikotes dan tes lainnya. Untuk penerimaan kali ini, tes akhir menggunakan sistem Computer Asisted Tes (CAT) layaknya seperti tes penerimaan CPNS dari jalur umum.

Masih dikatakan Arna, tes dengan menggunakan sistem CAT tersebut bertujuan untuk menghindari ada permainan oknum panitia selesai dengan orang tua peserta.  Karena tes masuk IPDN menjadi incaran semua pihak setiap tahunnya, karena setelah menempuh pendidikan pesertanya langsung diangkat menjadi CPNS tanpa ada tes lanjutan.

“Bila tesnya menggunakan sistem CAT, maka tidak ada bisa membantu peserta, kecuali peserta itu sendiri. Saat peserta mengisi jawaban tes, maka hasilnya langsung bisa diketahui dilayar monitor yang ada di luar ruangan tes. Setelah tes atau setelah jawaban dikunci, maka hasilnya langsung keluar dan sudah bisa diketahui mana yang lulus dan mana yang tidak dengan mempedomani standar nilai kelulusan minimal yang ditetapkan pemerintah pusat,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh putra-putri Bengkulu yang baru menamatkan pendidikan SMA-nya atau saat sedangkan duduk di kelas 3 SMA untuk mempersiapkan dirinya dengan baik. Karena penerimaan mahasiswa IPDN ini bisa saja dilakukan pasca ujian nasional SMA 2016 besok.

Jika merujuk persyaratan calon mahasiswa praja IPDN tahun sebelumnya, yakni usia pelamar minimal 16 tahun dan maksimal  21 tahun, nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00, tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm, tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat, tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan,  berlakukan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian tingkat Kabupaten/Kota,  surat keterangan berbadan Sehat dari rumah sakit umum daerah/pemerintah setempat, surat pernyataan belum pernah menikah, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali dan disahkan Kepala desa/lurah setempat, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000.(400)