Pemprov Siapkan Formasi CPNS

BENGKULU, BE – Meski belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terkait penerimaan CPNS tahun 2016 mendatang, namun Pemerintah Provinsi Bengkulu dipastikan ikut melaksana penerimaan abdi negara tersebut.
Sejauh ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu pun belum melakukan persiapan apapun, seperti penyusunan formasi hingga analisis kebutuhan PNS. Namun untuk menyusun formasi tersebut diperkirakan tidak memakan waktu terlalu lama, karena BKD akan menjadi usulan yang sempat ditolak tahun 2015 ini sebagai pedoman mengusulkan yang baru.
“Masalah ikut mengusulkan ke KemenPAN atau tidak, itu tergantung Pak Gubernur, yang jelas kami akan menyusun formasi sesuai dengan kebutuhan  riil PNS Pemprov saat ini dan proyeksi beberapa tahun kedepan,” kata Kepala BKD  Kausar Agus Hutari melalui Kasubbag Perencanaan Pengadaan Pegawai, Sudibyo kepada BE, kemarin.
Sejauh ini SUdibyo mengaku belum mengetahui jumlah CPNS yang akan diterima, karena pihaknya belum menyusun formasi CPNS yang dibutuhkan.
Jika mempedomani usulan tahun ini, maka Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mengusulkan penerimaan CPNS lebih dari 350 orang. Sebab, kebutuhan tahun ini saja mencapai 306 orang dengan kuota terbanyak ada pada Dinas Pendidikan sebanyak 190 orang yang terdiri dari tenaga guru Sekolah Luar Biasa (SLB), bimbingan konsling, bidan dan keperawatan, psikologi, kesejahteraan sosial dan beberapa formasi lainnya seperti Fisioterapi dan Okupasi.
Selain itu juga ada kebutuhan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di RSMY, yakni untuk dokter spesialis 17 orang dengan rincian dokter spesialis kulit dan kelamin 1 orang, dokter bedah syaraf 1, dokter spesialis operasi plastik 1 orang, dokter radiologi 2 orang, dokter spesialias paru 1, dokter spesialis anastesi 2 orang, dokter syaraf 1, dokter rehabilitasi medik 1, dokter forensik 1, dokter patologi klinik 1 orang dan dokter umum 3 orang.
Selain itu, Pemprov juga mengusulkan lulusan SMP sebanyak 15 orang yang akan ditugaskan di Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk formasi SMA 18 orang dan SMK sebanyak 3 orang. Kemudian juga ada formasi untuk DI-DIII kesehatan mulai dari kebidanan, keperawatan. Ditambah lagi ada formasi tenaga teknis mulai dari teknik komputer, Assipora, Akuntansi, Hubungan Masyarakat Internasional dan Ekonomi.
Tidak hanya itu, formasi dosen Poltekes juga diusulkan sebnayak 25 orang, petugas keamanan Satpol PP dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA sebanyak 16 orang, tenaga perawat di rumah sakit khusus jiwa diusulkan 16 orang dan dokter psikologi klinik sebanyak 9 orang.
Berikutnya untuk penempatan di Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu di Jakarta 4 orang,
“Usulan nanti belum tentu sama dengan usulan tahun ini, tapi usulan 2015 ini akan dijadikan pendoman untuk menyusun formasi kebutuhan baru. Artinya, kemungkinan besar formasi 2015 akan kembali diusulkan nanti bersamaan dengan formasi kebutuhan yang baru,” jelas Sudibyo.(400)