Pemprov Bengkulu Hibahkan Lokasi Asrama Haji

RIO-GUB SIDAK LAHAN HIBAH PEMBANGUNAN ASRAMA HAJI (1)

BENGKULU, BE – Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama petinggi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Bengkulu, kemarin (1/4) meninjau tanah yang akan dihibahkan ke Kanwil Kemenag untuk pembangunan asrama haji di kompleks Kantor Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Bengkulu.
Peninjauan ini dilakukan karena Kanwil Kemenag Bengkulu mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 65 miliar tahun 2016 mendatang untuk pembangunan asrama haji. Karena tanah yang dimiliki Kanwil Kemenag sudah tidak memadai lagi, sehingga Kanwil pun meminta agar Pemerintah Provinsi Bengkulu menghibahkan tanahnya yang terdapat dikompleks asrama haji saat ini untuk pembangunan asrama haji yang baru.
Saat diwawancarai usai meninjau tanah itu, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengaku tidak keberatan memberikan tanah itu, namun harus ada bukti keseriusan Kementerian Agama untuk memberikan anggaran pembangunan sebesar Rp 65 miliar tahun 2016 mendatang.
“Pada dasarnya kita support pembangunan asrama haji ini, dengan catatan harus ada surat pernyataan hitam di atas putih bahwa ada dana dari APBN atau dana dari Kementerian Agama untuk membangun asrama haji ini betul-betul ada dananya. Jangan sampai nanti kita sudah kasih tanahnya, tapi anggarannya tidak ada,” kata gubernur UJH.
Meski begitu, tanah yang akan diberikanpun hanya pas-pasan untuk membangun gedung asrama haji saja, yakni berukuran 60X100 meter. Untuk selanjutnya, gubernur mengaku akan dipertimbangkan kemudian.
“Kita berikan dulu sesuai dengan kebutuhan, untuk berikutnya akan dipertimbangkan lagi,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Bengkulu H Suardi Abbas mengatakan, kucuran dana sebesar Rp 65 miliar dari Kementerian Agama itu sudah dapat dipastikan. Karena Dirjen Haji Kemenag beberapa waktu lalu sudah menjelaskan bahwa urutan Kanwil yang mendapatkan kucuran dana untuk pembangunan asrama haji adalah Kanwil Kemenag Bengkulu.
“Dana Rp 65 miliar itu akan digunakan untuk pembangunan asrama dengan tinggi 5 lantai, didalamnya dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti dapur, aula pertemuan dan lainnya,” imbuhnya. (400)