Pemprov Bakukan 22 Wisata Unggulan

 

Rumah Kediaman Bung Karno Bengkulu
Rumah Kediaman Bung Karno Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu mencatat ada ratusan potensi wisata yang layak dikunjungi wisatawan. Namun, dari ratusan potensi wisata itu, ada 22 wisata unggulan yang difokuskan dikembangkan.

“Ada 22 potensi wisata unggulan yang kita bakukan dalam Peraturan Gubernur (Pergub),” terang

Kepala Dispar Provinsi Bengkulu, Yudi Satria SE MM kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (14/1).

Potensi wisata ini diunggulkan lantaran lokasinya strategis untuk dikunjungi dan semua infrastruktur menuju wisata tersebut telah terpenuhi. Disamping itu potensi wisata ini menarik untuk dikunjungi wisatawan. Sebab, nilai lokasi wisata itu berbeda dengan wisata yang ada di Indonesia.

“Ini yang membuat potensi wisata itu kita unggulkan,” paparnya.

Tidak hanya itu, untuk membakukan wisata unggulan itu, Dispar tidak hanya melakukan penilaian sendiri, melainkan juga melibatkan akademisi wisata dari Universitas Bengkulu dan tokoh masyarakat.

“Jadi, memang sudah dinilai sebelumnya. Hasilnya memang potensi wisata itu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun nasional hingga internasional,” tambah Yudi.

Meski hanya ada 22 wisata yang diunggulkan, namun masih banyak potensi wisata yang perlu digenjot lagi oleh masing-masing kabupaten/kota. Baik wisata laut, pegunungan, lembah, danau, air hingga potensi wisata lainnya.

“Kita harap masing-masing pemda bisa melengkapi infrastruktur menuju tempat wisata. Sehingga wisatawan lebih mudah mengunjungi wisata tersebut,” terangnya.

Untuk mendorong wisata tersebut ramai dikunjungi, pemprov juga akan mempromosikan nya dengan melalui berbagai event. Apalagi saat ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, telah menetapkan 13 kalender off event secara nasional. Begitu pun dengan event Tabut juga sudah masuk dalam 100 wonderfull Indonesia. Hal ini akan semakin mendongkrak Bengkulu dikunjungi wisatawan.

Pada tahun 2018 ini, Yudi optimis kunjungan wisatawan ke Bengkulu akan semakin besar. Sebab, tahun lalu saja sudah ada sekitar 10 ribu wisatawan datang ke Bengkulu. Tahun ini ditargetkan ada sekitar 20 ribu wisatawan datang ke Bengkulu. (151)

NO

WILAYAH OBJEK WISATA

OBJEK WISATA UNGGULAN BENGKULU

1

Kota Bengkulu

Benteng Malborough Rumah Bung Karno Pantai Panjang Pulau Tikus

2

Rejang Lebong

Danau Mas Kawasan Wisata Bukit Kaba Pemandian Suban Air Panas

3

Bengkulu Utara Pulau Enggano Air Terjun Palak Siring
4 Lebong Arung Jeram Sungai Ketahun

Sungai Air Putih

5

Kaur Pantai Languna Ujung Lancang

Danau Kembar

6

Benteng Sungai Suci Pantai Danau Gedang
7 Kepahiang Kawasan Kebuh Teh Kabawetan

TWA Bukit Kaba

8

Bengkulu Selatan Arung Jeram Ayiak Manna Pantai Pasar Bawah
9 Mukomuko

Danau Nimbung