Pemkot Bengkulu Salurkan Bantuan Nelayan

BENGKULU, BE – Setelah melakukan pemanggilan terhadap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu, Pelaksanatugas (Plt) Sekretaris Kota (Sekkot) Bengkulu, Drs H Fachruddin Siregar MM, mengatakan, bantuan untuk nelayan Kota Bengkulu di TPI Pondok Besi tidak masuk dalam kategori penggelapan.

“Kepala DKP sudah kami panggil agar menjelaskan hal ini. Itu bukan penggelapan. Bantuan itu memang berasal dari APBN tahun 2013 dan bantuannya berupa tali. Sementara jaringnya belum ada. Makanya belum dibagikan kepada para nelayan,” kata Fachruddin, belum lama ini.

Ia menjelaskan, tali tersebut tidak bisa digunakan secara optimal tanpa dilengkapi dengan bantuan dalam bentuk jaring. Namun ia memastikan bahwa tahun ini anggaran untuk jaring tersebut telah dialokasikan pada APBN tahun 2015 ini.

“Nanti kalau jaringnya sudah ada baru lah nanti kita bagikan. Tidak ada kesengajaan menggelapkan bantuan tersebut. Karena kalau pun dibagikan tidak akan ada fungsinya. Sementara untuk bantuan lainnya dari tahun-tahun yang lalu sudah dibagikan secara utuh kepada nelayan,” imbuhnya.

Sementara sbeelumnya, Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hj Maghdaliansi SH MH, mengungkapkan, DPRD Kota Bengkulu telah merencanakan akan melakukan panggilan terhadap DKP Kota Bengkulu. Selain menanyakan tentang hasil temuan Komisi I terkait adanya dugaan penggelapan tersebut, dewan juga akan menanyakan apa saja program yang telah dirancang DKP Kota untuk kesejahteraan nelayan.

“Berdasarkan temuan kita ada puluhan bal barang-barang yang tersimpan di dalam gudang. Kami akan panggil DKP Kota untuk menjelaskan masalah ini. Sidak yang kami lakukan kemarin jangan dinilai sebagai upaya untuk menjustifikasi oknum tertentu. Ini kami lakukan justru untuk menghindari amuk massa,” ungkapnya.
Disamping itu, dewan juga akan menanyakan beberapa permasalahan terkait adanya dugaan pungutan liar (pungli) untuk memperoleh bantuan-bantuan tersebut. Ia menyatakan, dugaan pungli ini disampaikan langsung oleh para nelayan ketika Sidak dewan dilaksanakan. (009/adv)