Pemkot Endus Ada Kelompok ISIS

BENGKULU, BE – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bengkulu, Drs Taufik Matan MSi, menyatakan, Pemerintah Kota telah mencium adanya dugaan jejak kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kota Bengkulu.

“Mereka memang tidak secara jelas mengangkat bendera ISIS. Namun bentuk yang bertendensi ke sana ada. Mereka selalu kita pantau melalui Forum Komunikasi Pencegahan Dini yang ada di setiap kecamatan,” kata Taufik kepada BE, kemarin (31/3).

Ia menjelaskan, kelompok ini terdeteksi telah menyebarkan ajaran-ajaran yang agak menyimpang. Sayangnya, Taufik enggan untuk menyebutkan identitas kelompok tersebut.

“Yang jelas ajaran mereka berbeda dengan apa yang ditetapkan dalam syariat. Meraka ada di kawasan Pematang Gubernur. Kita terus berkomunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag Kota mengenai penganganan kelompok ini,” urainya.

Ia memaparkan, kerjasama terus mereka lakukan untuk menangkal penyebaran paham ISIS di tengah-tengah rakyat Kota Bengkulu.

“Salah satunya adalah dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah serta kaum cerdik pandai dan alim ulama agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar mengenai jihad misalnya yang selalu menjadi jargon ISIS dalam merekrut massa,” bebernya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memberikan peringatan kepada kelompok tersebut untuk menghentikan aktifitasnya. Menurutnya, Pemerintah Kota akan menyelesaikan permasalahan ini secara persuasif.

“Kita sudah mengingatkan mereka untuk menghentikan aktifitasnya. Agar paham ISIS tidak merancuni para pemuda, dalam waktu dekat kami akan menyerap aspirasi kalangan pemuda dan mahasiswa. Forum itu akan kita gunakan juga untuk mensosialisasikan bahaya ISIS,” pungkasnya. (009)