Pemkot Butuh CPNS

BENGKULU, BE – Setelah tiga tahun berpuasa tak menerima CPNS, Pemerintah Kota Bengkulu akhirnya mengisyaratkan mulai membutuhkan tenaga pegawai baru.  Saat ini, Pemerintah Kota Bengkulu tengah melakukan analisis terhadap kebutuhan pegawai di lingkungan masing-masing SKPD. Hal ini disampaikan Kabag Humas Setda Kota, Dr H Salahuddin Yahya MSi, kemarin (16/4).

Ia menjelaskan, analisis kebutuhan pegawai baru ini didasarkan kepada aturan-aturan dalam Undang Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Setiap SKPD diminta untuk menyampaikan kebutuhan pegawai baru untuk menunjang kegiatan harian di lingkungan SKPD masing-masing.

“Saat ini kajian itu masih berlangsung. Badan Kepegawaian Daerah langsung meminta kepada SKPD untuk menyampaikan kebutuhan pegawai baru di instansi masing-masing,” kata Salahuddin.

Menurut dia, setiap tahun, terdapat PNS yang memasuki usia pensiun. Bila tidak dilakukan rekrutmen pegawai baru, maka dikhawatirkan stabilitas pelayanan publik tidak bisa berjalan dengan maksimal.

“Misalnya ada puluhan bahkan pernah mencapai ratusan tenaga kesehatan dan pendidikan yang masuk usia pensiun setiap tahunnya. Ini harus diantisipasi. Agar kerja-kerja pelayanan publik tetap berimbang,” paparnya.

Di Humas Setda Kota sendiri, lanjutnya, pihaknya membutuhkan pegawai yang ahli dalam mengelola IT dan pegawai yang pakar dalam ilmu hukum. Kebutuhan terbesar dirasakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu yang saat ini telah menambah ruang pelayanan medis VVIP.

“Kami butuh SDM di bidang IT untuk mengelola web dan ahli hukum untuk membantu mengelola PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Karena tren ke depan setiap informasi pasti akan berkaitan dengan sengketa dan perkara. Juga termasuk RSUD Kota yang membutuhkan banyak dokter ahli agar rumah sakit ini dapat dikembangkan,” tuturnya.

Direktur RSUD Kota Bengkulu, dr Lista Cerlyviera, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, bukan hanya dokter spesialis, RSUD Kota Bengkulu juga membutuhkan tenaga apoteker, ahli gizi dan perawat.

“Pengembangan masih terus kita lakukan. Karenanya kebutuhan tenaga kesehatan baru ini seiring dengan pertumbuhan rumah sakit ini sendiri. Apalagi pada tahun 2016 RSUD Kota akan diperluas hingga ke Kantor Walikota,” demikian Lista. (009)