Pemkot Buka Lelang Jabatan se-Provinsi

konpres

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu membuka seleksi terbuka/lelang jabatan dalam rangka pengisian 8 jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong.  Jika sebelumnya pemerintah kota hanya membuka lelang jabatan untuk di lingkungan pemerintah kota saja, namun untuk kali ini tim panitia seleksi akan memperluas cakupannya yakni se-Provinsi Bengkulu.
Hal ini disampaikan ketua tim Panitia Seleksi (Pansel), Marjon MPd, yang didampingi sekretaris Pansel yakni Kepala BKD, M Husni, dan anggota Pansel, Drs Arifin Daud SH, Drs Firdaus Rosyid, dan Dr Zakaria dalam konferensi pers di ruang sekretaris daerah kota Bengkulu, kemarin (22/10).
“Ya, lelang jabatan ini nanti juga akan dibuka se-provinsi, dan untuk jadwalnya nanti akan ditempel di ruang sekretariat.  Dan juga bagi teman-teman yang dulu difungsionalkan, itu kami berikan peluang untuk ikut dan akan kami undang untuk ikut seleksi, ada 3 orang eselon II dan 1 orang eselon IV,” kata Ketua Pansel, Marjon MPd.
Adapun posisi 8 jabatan pemerintah kota yang kosong tersebut terdiri dari, Sekretaris Dewan (Sekwan), Asisten Sekretaris Daerah Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Pemuda dan Olahraga, Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Kota (BNK), dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Bengkulu.
Marjon juga memastikan bahwa dalam lelang jabatan tersebut akan dilakukan secara ketat dan sesuai dengan aturan yang tertera di dalam undang-undang nomor 5 tahun 14 tentang aparatur sipil negara dan UU nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka.
“Endingnya nanti sampai ke pelantikan setelah tahu siapa yang lulus. Dan kegiatan ini betul-betul kegiatan dengan penyaringan yang ketat, jadi tidak ada titipan/pesanan siapapun juga, kami bekerja berdasarkan undang-undang ASN,” terang Marjon.
Untuk jadwal pendaftaran dan seleksi tersebut, mulai dari tanggal tanggal 22 Oktober sampai 30 November 2015, melalui seleksi administrasi, tes kompetensi manajerial, kemudian tes kompetensi bidang, rekam jejak dan penetapan hasil seleksi.
Sementara itu, selama proses seleksi jabatan tersebut berlangsung, maka ke delapan jabatan tersebut akan diisi dengan pelaksana tugas (Plt) untuk sementara, yang ditunjukkan berdasarkan pengamatan.
“Untuk jabatan yang kosong saat ini akan di Plt-kan, tinggal menunggu SK-nya lagi.  Siapa-siapa orangnya nanti, adalah orang yang dianggap cakap menjalankan tugasnya berdasarkan pengamatan, sesuai dengan aturan, bisa saja itu dari Kabid atau sekretarisnya,” bebernya. (805)