Pemkot Bengkulu Optimis Juara Umum MTQ

MTQSiapkan 35 Peserta ke Tingkat Provinsi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu akan memilih 35 orang peserta untuk bersaing dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu. Untuk memilih 35 peserta itu diawali pelaksanaan MTQ tingkat Kota Bengkulu terlebih dahulu pada tanggal 18-22 September 2017 ini.

“Jadi, pembukaannya nanti kita awali dulu dengan pawai di depan kantor walikota lama. Kemudian malamnya sesudah salat isya barulah dimulai perlombaan yang dipusatkan di Masjid At-Taqwa Anggut Atas,” kata Kepala Bagian (Kabag) Bina Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bengkulu, Karnadi SSos, kemarin (10/9).

Adapun cabang yang dilombakan diantaranya cabang Tilawatih Alquran mulai dari golongan tartil, anak-anak, remaja, dewasa, cacat, netra dan qiroaat saba’ah. Kemudian cabang Hifdzil Quran mulai dari golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Selanjutnya, cabang Tafsir Alquran yang terdiri dari golongan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Kemudian, cabang Fahmil Quran Putra/Putri dan Cabang Syarhil Qur’an putra/putri. Selain itu, juga ada cabang menulis Ilmiah Alquran, serta cabang Khatil Quran yang terdiri dari penulisan buku/naskah, golongan Hiasan Mushaf, dan golongan dekorasi serta golongan kontemporer, dan Cabang Rabana.

Kegiatan ini diikuti mulai dari usia 12 -34 tahun.

“Insya Allah pembukaannya nanti akan langsung dibuka oleh Plt Gubernur Bengkulu, dan hasil perlombaan ini akan diikutsertakan di tingkat provinsi yang rencananya pada tanggal 27-31 Oktober 2017,” ungkapnya.

Peserta yang akan mengikuti MTQ tingkat kota ini akan wakilkan oleh setiap kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Sehingga dalam prosesnya nanti akan terpilih sebanyak 35 terbaik untuk diberangkatkan ke tingkat provinsi sebagai perwakilan Kota Bengkulu untuk bersaing dengan kabupaten lain.

Maka dengan persiapan dan pembinaan yang selama ini terus dilakukan oleh Kemenag Kota Bengkulu, pihaknya optimis khafilah dari Kota Bengkulu akan mendapatkan juara umum.

“Kita maunya mendapatkan juara umum, tetapi paling tidak penampilan tahun ini tidak mengecewakan Kota Bengkulu. Apalagi persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, maka kita yakin bisa mendapat juara,” pungkas Karnadi. (805)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*