Pemkab Terapkan E-Budgeting, Tutup Celah Korupsi

Bengkulu tengah
IST/Bengkulu Ekspress Kepala BKD Benteng, H Budiman Efdy W SE SIP MSi (tengah) saat menerima cinderamata dari Pemda Kota Surabaya usai penandatanganan MoU penerapan sistem E-Budgeting dan E-Musrenbang, baru-baru ini.

Apr 12, 2017 @ 14:00

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan berbagai upaya untuk menutup celah tindak pidana korupsi .
Salah satunya adalah dengan melakukan MoU dengan Pemerintah Kota Surabaya terkait penerapan sistem e-budgeting.

Dengan sistem e-budgeting ini, diharapkan proses perencanaan pengangaran untuk seluruh kegiatan di Kabupaten Benteng bisa lebih tertata dengan baik.

“Melalui sistem e-budgeting ini, ke depan proses perencanaan dan penganggaran bisa dilakukan secara tertib. Jika benar-benar diterapkan, ini bisa menghindari munculnya celah korupsi,” jelas Kepala BKD Benteng, H Budiman Efdy W SE SIP MSi melalui Kabid Anggaran, Triyanto MSi, kemarin (11/4/2017).

Dijelasakan Triyanto, saat penandatanganan MoU yang dilakukan di Surabaya beberapa waktu lalu, semuanya difasilitasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Saat itu, Pemkab Benteng sengaja mendatangkan sejumlah unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memahami secara langsung proses penerapan sistem pengelolaan keuangan berbasis internet tersebut.

“Melalui kesempatan ini, BPK juga turut berpartisipasi dalam upayanya mencegah terjadinya penyelewengan anggaran,” tambahnya.
Selain mempelajari sistem e-budgeting, pihaknya juga akan menerapkan program e-musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) agar seluruh usulan pembangunan bisa diterima secara secara keseluruhan. Dengan demikian, Pemda Benteng bisa melihat secara langsung pembangunan infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang memang harus diprioritaskan.

“Dengan menggunakan E-Musrenbang, semua usulan yang masuk bisa lebih teradministrasi dan tertib,” tambah Triyanto.

Lebih lanjut Triyanto menuturkan, dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoharjo terkait penggunaan sistem pelayanan terpadu (sipadu). Terkhusus di Kabupaten Benteng, penerapan Sipadu akan dilakukan bersama DPMPT.

“Kita harap semuanya sudah bisa diterapkan pada tahun 2018 mendatang. Secara keseluruhan, sistem E-Budgeting, E Musrenbang dan Sipadu semuanya satu koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Benteng,” demikian Triyanto.(135)