Pemkab Lebong Matangkan Salat Istigasah

rapat-istighoshah-pemkab-lebong
RAPAT : Sekda Lebong bersama Kabag Kersa dan SKPD kemarin (24/11) melaksanakan rapat persiapan Salat Istigosah yang direncanakan dilaksanakan Senin (28/11) mendatang.

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Rencana aksi demo bela Islam di Jakarta 25 November dan 2 Desember mendatang, disikapi Pemerintah Kabupaten Lebong dengan menggelar tabliq akbar dan Salat Istigasah di Masjid Agung Sultan Abdullah Kabupaten Lebong pada 28 November mendatang. Untuk menyukseskan kegiatan berisikan doa meminta pertolongan Allah dari bencana dan terjaganya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, kemarin Pemkab Lebong melaksanakan rapat persiapan dan persiapan kegiata yang diprediksi bakal dihadiri ribuan orang itu.Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Mirwan Effendi saat memimpin rapat persiapan Salat Istigasah tersebut, kemarin (24/11).

“Diperediksi peserta yang mengikuti doa bersama ini mencapai ribuan orang, melibatkan semua unsur dan elemen masyarakat di Kabupaten Lebong. Disarankan kepada camat dan kades mengkondisikan mobil bantuan PDT agar dimanfaatkan untuk mengangkut massa atau masyarakat di wilayah masing-masing untuk dapat mengikuti acara tersebut, ” kata sekda.

Rapat yang dibuka oleh Sekda Lebong, Mirwan Effendi SE MSi dan diikuti sejumlah unsur jajaran Pemkab Lebong, dari elemen masyarakat, pemuka agama, Pihak Kepolisian, Kemenag Lebong, TNI dan elemen masyarakat lainnya, persiapan yang harus diperhatikan antara lain mulai dari ketersediaan Air PDAM, masalah listrik, mobilisasi massa dari desa yang hendak mengikuti tabliq akbar serta kesiapan lainnya untuk mendukung kelancaran berlangsungnya kegiatan tersebut.

“Bahkan bila perlu anak sekolah SMA diliburkan meski tidak meninggalkan pelajaran untuk mengikuti kegitan dia keselamatan tersebut,” kata Sekda.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Lebong Fabil menyampaikan, persiapan pendukung lainnya yang dilakukan emasang spanduk ucapan selamat datang kepada Ustadz Kyai H Tadjudin,kyai dari istana negara yang memimpin acara tersebut. Rencananya pemasangan spanduk ini dilakukan di 3 titik yakni mulai digerbang masuk Kabupaten Lebong di perbatasan Lebong-Curup, Didepan Masjid Jamik Pasar Muara Aman dan di depan rumah Dinas Bupati Lebong. Tidak hanya pemasangan spanduk, namun juga pemasangan baliho besar di dua titik.

Lebih lanjut dikatakan Fabil, selain TNI dan Polri, disarankan agar semua peserta Istiqosah dan Tabliq Akbar mengenakan seragam putih, namun bagi pelajar dan PNS bisa menyesuaikan. Hanya saja tidak boleh menggunakan seragam PNS dan Seragam sekolah.

“Salat Istigasah ini berisikan doa menjaga keutuhan NKRI. Kita berharap masyarakat dapat mendukung dan ikut serta dalam kegiatan tabliq akbar dan solat Istiqosah ini demi menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Fabil.(777)