Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis Digelar

Positif Terjangkit  Langsung Diobati

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress –  Plt Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Mukomuko, Junharto SKM melalui Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan,  Khairul Saleh SKM menyampaikan, bakal melakukan pemeriksaan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau  kanker leher rahim. Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak pada  Jumat (18/11) mendatang di Puskesmas yang tersebar di daerah tersebut.   Dari belasan Puskesmas yang ada, kata Khairul, tenaga yang sudah terlatih, diantaranya di Puskesmas Ipuh, Penarik, Teramang Jaya, Kota Mukomuko, Air Rami dan Lubuk Pinang. Petugas – petugas di Puskemas itu nantinya yang  akan  melakukan pemeriksaan  dalam upaya mendeteksi dini penyakit kanker tersebut.

“Masyarakat akan diperiksa di Puskesmas  setempat dan tidak dipungut biaya alias gratis,”katanya. Bagi masyarakat yang positif menghidap penyakit kanker serviks akan langsung menjalani pengobatan hingga sembuh. Masyarakat diimbau  datang ke Puskesmas terdekat, supaya mendapatkan pemeriksaan secara intensif.

“Silakan masyarakat langsung datang ke Puskesmas.  Ini diantaranya dalam rangka memperingati HKN ke-52 tahun,” ungkapnya. (900)