Pembuatan e-KTP Terkendala Internet

Bengkulu
Doni/Bengkulu Ekspress ANTRI: Warga saat mengantri di loket pelayanan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang untuk mengurus berkas, baik e-KTP maupun pelayanan lainnya.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Kesulitan warga Kabupaten Kepahiang untuk mendapatkan elektronik Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sepertinya tak kunjung usai. Setelah sebelumnya terkendala kekosongan blanko e-KTP, saat ini Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kepahiang tekendala jaringan internet. Sehingga pencetakan e-KTP belum dapat dilakukan dan warga yang menunggu tetap harus menanti.

Kepala Dinas Dukcapil Kepahiang, Ir Nyayu Elia Hazah MSi, Kamis (13/4) usai melaksanakan pengukuhan pejabat di lingkungan Disdukcapil mengatakan, kendala jaringan membuat pihak belum dapat mencetak e-KTP sebab tak bisa mengunduh atau menarik data dari pusat.

“Masih tekendala jaringan, kita belum bisa menarik data,” ujarnya.

Elia mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki ketersedian blanko e-KTP hanya belum dapat mencetaknya hingga proses perekaman tetap berlangsung.

“Perekaman tetap jalan tidak ada kendala, sekarang juga blanko sudah ada. Tinggal menunggu proses untuk cetaknya,” tutur mantan Kadinsosnaketrans ini.

Sebelumnya Disdukcapil Kabupaten Kepahiang mengajukan penambahan 25.435 blanko E-KTP ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) melalui Provinsi Bengkulu guna memenuhi kebutuhan E-KTP 2017 di Kabupaten Kepahiang. Sejuah ini jumlah warga yang sudah melakukan perekaman E-KTP namun belum dicetak sebanyak 916 orang. Lalu jumlah warga sudah melaksanakan perekaman tetapi belum terkirim datanya 931 orang serta jumlah warga yang melakukan perubahan elemen data sebanyak 750, sedangkan jumlah wajib KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 22.838. (320)