Pembangunan Kantor SKPD Ditunda

satpol-kantor-satpol-pp-kabupaten-benteng-yang-masih-menumpang-di-kawasan-terminal-nakau-yang-belum-memadai-small
Bakti/Bengkulu Ekspress. Inilah Kantor Satpol PP Kabupaten Benteng yang masih menumpang di kawasan Terminal Nakau karena belum memiliki gedung sendiri.

BENTENG, Bengukulu Ekspress – Pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah pusat berimbas pada percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) seperti termasuk pembangunan kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Sejauh ini sejumlah SKPD belum memiliki kantor yang memadai diantaranya, Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Pariwisata (Dishubkominfopar) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto membenarkan hal tersebut.

Diungkapkan Rachmat, hal tersebut terpaksa dilakukan akibat keterbatasan anggaran yang dimiliki.

“Dengen keterbatasan dana yang dimiliki tahun anggaran (TA) 2017, nampaknya kami tidak bisa melakukan pembangunan kantor SKPD baru,” ungkap Rachmat.

Lebih lanjut disampaikan Rachmat, pada tahun 2017 mendatang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng hanya diberikan dana sekitar Rp 93 miliar yang terdiri dari Rp 26 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Rp 67 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) pemerintah pusat.

“Secara keseluruhan, pagu anggaran yang diperuntukan bagi Dinas PU Kabupaten Benteng mengalami penurunan yang signifikan. Pasalnya, ditahun 2016 lalu yang mencapai Rp 184 miliar,” tambah Rachmat.

Masih kata Rachmat, dengan keterbatasan anggaran, pengelolaan anggaran akan dilakukan secara tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Sesuai dengan perencanaan, ungkapnya, salah satu prioritas yang harus dikerjakan adalah pembangunan infrastruktur jalan kabupaten yang belum tuntas ditahun 2016.

“Pembangunan yang belum tuntas ditahun 2016, akan kita lanjutkan. Itu adalah prioritas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Satpol PP Kabupaten Benteng, H Amirul SH MM menjelaskan, Satpol PP Kabupaten Benteng belum memiliki kantor yang layak sejak Kabupaten Benteng memekarkan diri dari Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

“Sejak memekarkan diri dari Kabupaten BU tahun 2008, Satpol PP masih menumpang di kantor kecil yang terletak di kawasan perkantoran di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat,” ungkap Amirul.(135)