Pembangunan Kantor Perpustakaan Terkendala

Kabid Perencanaan Banrenlitbang, Triyanto MSi
Kabid Perencanaan Banrenlitbang, Triyanto MSi

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Rencana pembangunan gedung atau kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini masih terkendala.
Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Banrenlitbang) Kabupaten Benteng diketahui bahwa lahan kantor DPAD Kabupaten Benteng saat ini merupakan area rumah dinas (rumdin) Camat Talang Empat.

“Kantor DPAD Kabupaten Benteng saat ini merupakan rumah dinas Camat Talang Empat yang memang tidak ditempati. Sebab itulah, pembangunan kantor Perpustakaan di lokasi tersebut harus melalui beberapa tahapan. Salah satu syarat adalah alih status lahan menjadi kawasan kantor DPAD Kabupaten Benteng, bukan lagi sebagai rumdin Camat,

” kata Kabid Perencanaan Banrenlitbang Kabupaten Benteng, Triyanto MSi, kemarin (4/3).
Mantan Kabid Anggaran BKD Kabupaten Benteng ini menuturkan, proses alih status harus dilakukan dengan berkoordinasi dengan Bagian Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng.

“Silakan urus dulu alih status lahan. Setelah itu, baru rencana pembangunan bisa kita susun,” tandasnya.
Dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Benteng, DPAD Kabupaten Benteng merupakan salah satu OPD yang belum memiliki kantor yang representatif dan nyaman digunakan. Sebab itulah, rencana pembangunan kantor Perpustakaan memang sudah termasuk kedalam salah satu prioritas.
Sayangnya, kata Triyanto, keterbatasan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng membuat pembangunan kantor organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda Benteng dilakukan secara bertahap.

“Mempercepat pembangunan, kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan suntikan dana alokasi khusus (DAK) untuk percepatan pembangunan daerah. Dari hasil koordinasi yang dilakukan ke Pemerintah Pusat beberapa hari lalu, diketahui ada bantuan DAK untuk Perpustakaan Daerah. Kita berharap DAK untuk Dinas Perpustakaan bisa dikucur ke Pemda Kabupaten Benteng,” pungkasnya.(135)