Pelayanan Bebas Pungli

kesbangpol-bebas-pungli
SIAP: Petugas Kesbangpol Bengkulu Selatan siap memberikan pelayanan bebas pungli dengan dibuktikan adanya spanduk di pintu masuk.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Sejak dicanangkannya oleh Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH Bengkulu Selatan bebas pungutan liar (pungli) dan mewajibkan setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memasang spanduk bebas pungli. Semua SKPD di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan sepakat mendukung program bebas pungli.

Kepala Kantor Kesbangpol Bengkulu Selatan, Siswanto SSos MSi mengatakan, kantor yang dipimpinnya mendukung pencanangan tersebut. Bahkan kantornya juga sudah memasang spanduk di depan pintu masuk, sehingga setiap orang yang masuk ke kantornya langsung bisa membacanya. Sehingga tidak memberikan imbalan terhadap pelayanan yang diterimanya. Begitu juga dengan anggotanya tidak meminta imbalan atas pelayanan yang diberikan.

“Spanduk bebas pungli sudah kami pasang dan setiap pelayanan di kantor kesbangpol semuanya gratis tanpa dipungut biaya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan, Gunawan S Sos MSi. Menurutnya, instansi yang dipimpinnya juga bebas pungli. Bahkan komitmen tersebut sudah disampaikannya ke Bupati Bengkulu Selatan, serta dibuktikan dengan memasang spanduk di depan kantor. Oleh karena itu, dirinya minta warga BS dalam berurusan di kantornya untuk tidak memberikan peluang para petugas melakukan pungli, serta menolak jika petugas meminta biaya tambahan dalam setiap pelayanan.

“Saya harap warga jangan pancing petugas kami melakukan pungli, mari kita bersama-sama membrantas kebiasan pungli, sehingga ke depan setiap pelayanan bebas pungli,” harap Gunawan.

Sementara itu, Bupati BS, H Dirwan Mahmud SH mengatakan, program bebas pungli tersebut sudah dicanangkan Presiden Republik Indonesia (RI). Sehingga tidak boleh ada satupun pelayanan yang melakukan pungli. Bahkan ke depan, Pemda Bengkulu Selatan akan membentuk tim yang akan mengawasi pelayanan disetiap SKPD.

“Mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk menjauhi pungli, sehingga ke depan setiap pelayanan di Bengkulu Selatan benar-benar bersih dari Pungli, bahkan Pemda Bengkulu Selatan sendiri akan membentuk tim untuk melakukan pengawasan kinerja di setiap SKPD,” Ujar Dirwan. (369)