Pelantikan Sultan Diplot Rp 100 Juta

In Berita Utama

BENGKULU, BE – Persiapan pelantikan Wakil Gubernur Bengkulu terpilih, Sultan Bachtiar Najamudin yang akan dihelat Kamis (4/7) besok terus dimatangkan. Meskipun pelantikan ini tidak berlangsung mewah, setidaknya pelantikan orang nomor 2 di Provinsi Bengkulu itu menghabiskan anggaran mencapai Rp 100 juta. Dana tersebut digunakan untuk biaya keamanan, persidangan, dan konsumsi tamu undangan dan 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu.
Sekretaris DPRD Provinsi, Syofwin Syaiful tidak menampik hal tersebut. Namun ia mengaku tidak semua dana itu ditanggung Sekretariat DPRD, melainkan berbagi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.
“Kalau dana yang akan dikeluarkan Setwan tidak terlalu besar, hanya berkisar antara Rp 40 sampai Rp 50 juta. Karena Setwan hanya menanggung biaya rapat paripurna pelantikan dan kosumsinya saja,” kata Syofwin Syaiful kepada BE, kemarin.
Sedangkan kebutuhan lainnya, seperti operasional keamanan dan kosumsi tamu undangan di rumah dinas Wagub yang besaranya juga mencapai Rp 50 juta ditanggung sepenuhnya oleh Pemprov.
Disinggung soal persiapan pelantikan lainnya, Syowin Syaiful mengaku persiapan telah mencapai 95 persen, meskipun jadwal pelantikannya baru ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD provinsi pada Senin (1/7) besok.
“Saat ini anggota dewan tengah sibuk reses ke daerah pemilihanya masing-masing, Senin besok Banmus akan rapat, namun jadwal pelantikannya sudah final tanggal 4 Juli,” ungkapnya.
Mengenai siapa saja yang bakal hadir dalam pelantikan tersebut, Syofwin belum dapat memastikannya. Namun informasi yang ia peroleh, pelantikan Sultan tersebut selain dihadiri oleh unsur Muspida Pemerintah Provinsi, bupati/walikota se-Provinsi Bengkulu, tokoh masyarakat, juga akan dihadiri tokoh nasional seperti petinggi Partai Demokrat dan kerabat Sultan anggota DPD RI.
“Saya tidak persis siapa saja tokoh nasional yang bakal hadir, karena undangan sendiri baru akan dikirim setelah di-Banmus-kan,” tukasnya.

Minta Pelantikan Sederhana 

Sementara itu, Sultan meminta pelaksanaan pelantikannya tetap digelar sederhana dan tidak mau menghambur-hamburkan uang rakyat hanya untuk pelantikan. Meskipun kedatangan para tokoh nasional atau pejabat negera, hal itu akan membengkakkan anggaran, karena para pejabat negara hadir dengan menggunakan dana sendiri.
“Saya tidak meminta pelantikan saya digelar dengan cukup meriah, sederhana sudah cukup dan lebih dana yang ada digunakan untuk membangun Bengkulu ini menjadi lebih baik,” kata Sultan saat dihubungi, kemarin.
Selain itu, Sultan juga mengaku tidak akan efouria berlebih setelah pelantikannya. Setelah dilantik, Sultan hanya ingin rramah tamah yang akan dilakukan di Rumah Dinas Wagub hingga malam hari. Keesokannya, Sultan mengaku akan langsung bekerja untuk membangun Bengkulu.
“Saya akan menjalin komunikasi dengan pemerintahan pusat, berkoordinasi dengan Gubernur dan Sekda Provinsi Bengkulu agar Bengkulu ini bisa dibangun menjadi lebih baik,” tandasnya.(400)

You may also read!

Per Maret 2017, 10 Draft Usulan Raperda Diajukan

CURUP, bengkuluekspress.com – Memasuki tahun 2017 beberapa SKPD mulai berinisiatif untuk mendukung program unggulan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL)

Read More...

Bulan April SK Guru Agama Desa Diberikan

CURUP, bengkuluekspress.com – Program penyebaran guru agama desa di Kabupaten Rejang Lebong segera terealisasi di bulan April tahun ini. Pasalnya,

Read More...

Innalillahi…London Has Fallen

jpnn.com, LONDON – Tajuk di atas mengambil sebuah judul film box office yang dibintangi Gerard Butler, London Has Fallen.

Read More...

Mobile Sliding Menu