Pelaku Curanmor Dilumpuhkan

Ary, pelaku Curanmor dilumpuhkan - Copy

CURUP, BE – Satu persatu pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang meresahkan warga Rejang Lebong, berhasil diungkap jajaran Polres Rejang Lebong. Baru-baru ini satu orang terduga pelaku Curanmor berhasil diamankan jajaran Polres Rejang Lebong.

Pelaku Curanmor yang diamankan tim buru sergap (Buser) Polres Rejang Lebong tersebut adalah KC (40), warga Tanjung Bungo Kecamatan Lebong Tengah.

KC ditangkap Buser di jalan umum Desa Sukarami Kecamatan Bermani Ulu usai dari pelariannya.

Bersama KC, petugas juga mengamankan 1 unit motor Revo tanpa plat yang diduga sebagai barang hasil curian. KC terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki kirinya lantaran berupaya kabur saat ditangkap.

Menurut Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dirmanto SH SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar SH, keberhasilan pihaknya mengungkap identitas KC berkat nyanyian dari Ek (35), warga Gang Bendungan Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup yang telah lebih dulu ditangkap petugas beberapa bulan yang lalu.

“KC dan Ek ini merupakan komplotan Curanmor yang kerap menjalankan aksinya di Rejang Lebong khususnya Kota Curup,” jelas Chusnul.
Penangkapan KC sendiri, bermula dari informasi yang diterima petugas terkait dengan keberadaan KC yang telah keluar dari persembunyiannya dan tengah berada di sebuah warung warga Desa Sukarami Kecamatan Bermani Ulu.

Mendapat informasi tersebut, petugas langsung bergerak cepat menuju tempat yang dimaksud, saat petugas tiba, KC terlihat sedang santai meminum minuman ringan di warung tersebut.

KC yang mengetahui keberadaan petugas lantas berusaha kabur. Hanya saja upaya kabur yang dilakukan KC terhenti setelah sebutir timah panas mendarat di kaki kirinya sehingga ia tidak bisa berkutik lagi sehingga langsung diamankan petugas ke Mapolres Rejang Lebong.

Diduga kuat KC ini sudah terlibat dibanyak TKP Curanmor, aksi terakhir kali dilakukannya bersama EK di jalan umum Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur, Rabu 16 Desember 2015 sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu keduanya mengambil motor jenis Honda Vario dengan nomor polisi BD 3844 KK milik Ebit Ajiromasyah (13), warga Jalan Syahrial Kelurahan Karang Anyar Curup Timur.

“Tak berselang lama dari kejadian, Ek berhasil kita amankan saat tengah melarikan motor tersebut di kawasan Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang. Sedangkan KC berhasil lolos dari sergapan petugas,” tutup Chusnul. (251)