Pelajar Diminta Promosikan Wisata

wisata-kabid-pariwisata-dishubkominfopar-benteng-menujukan-wisata-benteng-small
Bakti/Bengkulu Ekspress WISATA : Kabid Pariwisata Dishubkominfopar Kabupaten Benteng, Eka Nurmeini, SE MPd memantau langsung dan menunjukkan keindahan Pantai Danau Gedang yang terdapat di di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Kabupaten Benteng untuk mengenalkan objek wisata unggulannya ke masyarakat luas.

Salah satunya adalah dengan menggandeng para pelajar SMA untuk bisa membantu mempromosikan potensi wisata yang ada.

“Dishubkominforpar tak henti untuk mengenalkan tempat wisata unggulan di Kabupaten Benteng, salah satunya adalah melalui para pelajar SMA. Kami harap pelajar bisa membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi tentang destinasi wisata di Kabupaten Benteng,” kata Kabid Pariwisata Dishubkominfopar Kabupaten Benteng, Eka Nurmeini, SE MPd kepada BE, kemarin (2/11).

Sebagai langkah awal, pihaknya terlebih dahulu akan mengenalkan wisata yang ada. Setelah itu, diharapkan para remaja tersebut bisa mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang ada dan mempromosikannya kepada teman-teman ataupun lingkungan tempat tinggal mereka, baik itu secara langsung (lisan) ataupun melalui media sosial (medsos).
Menurut Eka, yang harus dilakukan adalah mengenalkan terlebih dahulu wisata di Kabupaten Benteng. Sebab, sampai saat ini masih banyak pelajar ataupun pemuda yang belum mengetahui secara keseluruhan objek wisata yang di Kabupaten Benteng.

“Setelah mereka mengerti, barulah mereka dapat menyebar luaskan informasi tentang wisata Benteng. Sebab itu, kami akan melakukan sosialisasi ke sejumlah SMA se-Kabupaten Benteng,” ujar Eka.

Mantan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten ini menuturkan, meski tergolong kabupaten termuda se-Provinsi Bengkulu, Kabupaten Benteng memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) berupa potensi wisata yang melimpah dan tersebar di seluruh kecamatan. Seperti objek wisata Sungai Suci, Air Terjun di Datar Lebar, Air Terjun di Desa Penembang, wisata Bukit Kandis dan sejumlah potensi wisata lainnya.

“Bahkan beberapa wisata di Kabupaten Benteng saat ini menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan. Seperti objek wisata Wahana Surya di Desa Pasar Pedati dan Pantai Danau Gedang yang berlokasi di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa. Dari hasil pendataan,  Benteng memiliki sebanyak 33 wisata unggulan,”  tambahnya.

Lebih lanjut Eka mengungkapkan, pengembangan wisata di Kabupaten Benteng saat ini masih terkendala dengan infrastrukur akses jalan yang belum memadai.

“Saat ini akses jalan menuju Air Terjun di Datar Lebar dan Air terjun di Desa Lagan Bungin masih belum memadai, padahal keduanya memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan,” pungkas Eka.(135)