Pekerjaan Alternatif Nelayan Disiapkan

nelayan-small
BUDI/Bengkulu Ekspress BERSANDAR: Kapal para nelayan di Kabupaten Mukomuko saat bersandar. Nelayan akan diberikan pekerjaan alternatif untuk kelangsungan hidupnya.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress –  Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  berupaya maksimal untuk menyediakan pekerjaan alternatif dalam peningkatan kesejahteraan nelayan tradisional di daerah  tersebut.

“Hasil rapat beberapa waktu lalu yang disampaikan Pak Bupati, seluruh SKPD akan menyediakan pekerjaan alternatif sesuai dengan bidangnya masing-masing. Termasuk DKP, “ ujar Kepala DKP Kabupaten Mukomuko melalui Kabid Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat.

Salah satu pekerjaan alternatif itu adalah  pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran, kolam ikan air tawar, beternak itik petelur dan lainnya. Ketiga pekerjaan alternatif itu tengah direncanakan dan disiapkan oleh DKP, Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) dan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan sekaligus  yang akan melakukan pembinaan kepada nelayan.

“Kita dari SKPD membantu membina nelayan untuk mengerjakan pekerjaan alternatif tersebut,” katanya. Pekerjaan alternatif itu  salah satu program Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, untuk mencegah dan mengantisipasi konflik antar nelayan, akibat penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dan batas wilayah tangkapan.

“Pak Bupati  tidak menginginkan adanya keributan antar nelayan. Tetapi tetap rukun, aman dan damai,” ungkapnya. (900)