Pedagang Kembali Diusir

padagang pasar kutau didatangi lagi
KOTA MANNA, BE – Dinas Perindustrian perdagangan dan Koperasi bersama Dinas Perhubungan serta Satpol PP dan Camat Kota Manna kembali datang ke Pasar Ampera, Jumat (5/2). Kedatangan mereka ini untuk mengusir para pedagang di lokasi parkir Pasar Kutau, agar masuk ke kios dan los dalam pasar.
“Sebelumnya sudah kami imbau pedagang di lokasi parkir masuk ke kios dan los dalam pasar, rupanya masih membandel, hari ini (kemarin red) kami datang lagi dan meminta mereka masuk ke kios dan los,” ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi BS, H Darmin SE kepada BE.
Meskipun petertiban kemarin, Disperindagkop BS dan Satpol PP mengusir pedagang yang bandel secara paksa, penertiban itu berjalan lancar. Sebab, ketika melihat Satpol PP dan pihak dinas terkait tiba di lokasi, para pedagang langsung menggulung dagangannya dan masuk ke dalam pasar.
“Kami minta jangan hanya saat kami datang saja pedagang pindah ke dalam, namun kalaupun kami tidak datang tetap tidak ada pedagang yang berjualan di lokasi parkir,” harap Darmin.
Wati (45), salah satu pedagang sayur kepada BE menyatakan, ia dan pedagang lain siap masuk ke dalam dan berjualan di los pasar. Namun ia tidak mau jika tidak ada ketegasan dari pemda, sebab sewaktu-waktu pedagang lain kembali berjualan di lokasi parkir.
“Saya dan pedagang lainnya siap berjualan di dalam los, tapi pemda harus tegas, jika ada pedagang kembali berjualan di lokasi parkir langsung ditindak. Sebab jika dibiarkan, kami yang berjualan di dalam tidak akan dilirik pembeli,” cetusnya.
Sementara itu, Robet (62), salah satu sopir angkutan desa (angdes) meminta pemda tegas terhadap para sopir angdes, agar menata lokasi parkir ataupun tempat menunggu dan menurunkan barang pedagang. Sebab jika tidak diatur, para pemilik mobil asal letak lokasi parkir kendaraannya, sehingga mengganggu kendaraan lain. “Kami minta lokasi parkir di tata dan diatur agar tidak berantakan,” harap Robet.
Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata BS, Drs Normansyah Samid, mengaku siap menata parkiran, dirinya mengingatkan petugas parkir untuk bekerja maksimal dan menegur pemilik kendaraan yang asal parkir. “Kami minta petugas parkir atur letak parkir jangan sampai pemilik mobil asal letak, sehingga arus lalu lintas tetap lancar,” ujar Nurmansyah Samid. (369)