Peda KTNA Pamerkan Unggulan

sekda seluma saat rapat persiapan KTNA di kepayiang

TAIS, BE– Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Seluma harus ikut andil pada Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Senin (11/04) hingga Minggu (17/04) di Kabupaten Kepahiang. Hal ini diungkapkan Sekretaris daerah (Sekda) Irihadi, MSi, Senin (13/04). “SKPD harus bisa mengedepankan produk unggulan masing-masing SKPD. Bukan menjadikan KTNA sebagai kamuflase,” ujar dia.
Dia menekankan, yang ditekankan dalam pameran adalah unggulan yang dapat dipertahankan.
Persiapan dilakukan antara lain mengumpulkan bahan dan tim untuk melakukan pameran. Seperti Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan dapat mengedepankan program mereka masing-masing. Termasuk kerajinan asli Kabupaten Seluma. “Apapun produk unggulan harus ditampilkan, termasuk kerajinan tenun asli seluma,” sampainya.
Sedangkan penampilan itu memang belum memadai maka itu, tugas dari SKPD untuk mengusulkan pembinaan terhadap pengrajin maupun petani untuk dapat meningkatkan. Baik itu dilakukan pembinaan ataupun mendatangkan tenaga ahli. “Jika memang realitanya kekurangan peralatan maka SKPD tersebut juga harus aktif untuk mendata dan melakukan pembinaan,” sampainya.
Selain SKPD, kelompok petani dan kelompok nelayan yang ditunjuk untuk mengikuti Penas KTNA itu diminta mempersiapkan diri secara baik sesuai dengan keahliannya masing-masing. Peserta KTNA perlu mempersiapkan diri dengan baik karena dalam kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri peserta dari dalam Provinsi tetapi ada perwakilan sejumlah petani dan nelayan dari daerah lainnya. Sehingga dapat juga berbagi ilmu. “Bupati telah menginstruksikan pihak Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan serta dinas terkait untuk melakukan pembekalan kepada petani, nelayan, dan tim pendamping, ” pungkasnya. (333)