PDAM Usul Mobil Tangki

air_minumAMEN, Bengkulu Ekspress – PDAM Tirta Tebo Emas (TTE) Kabupaten Lebong terus melakukan pembenahan. Bahkan, usai melakukan survei lokasi pembangunan sumber mata air Sungai Udik di Desa Trans Ladang Palembang belum lama ini, PDAM TTE kembali rencananya akan mengusulkan 2 unit mobil tangki air dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2017 mendatang.

Direktur PDAM TTE Kabupaten Lebong, Sopian Razik menjelaskan, usulan untuk bantuan mobil tangki ini, mengingat sangat pentingnya untuk melayani masyarakat guna menyalurkan air bersih mengigat di beberapa wilayah kerap mengalami kemacetan terhadap distribusi air. Hal ini tak ayal, kerap macetnya diatribusi air ini lantaran memang pembangunan intake yang sudah lama dan tidak maksimal berfungsi.

“Dengan adanya bantuan mobil operasional tersebut, diharapkan bisa mengatasi masalah suplai air bagi pelanggan PDAM di beberapa wilayah yang sering mengalami permasalahan terutama saat musim kemarau tiba. Mobil tangki dan bak HU ini nantinya akan digunakan untuk menyuplai air ke rumah pelanggan PDAM yang tidak kebagian air,” kata Sopian.

Sopian menerangkan, saat ini baru ada satu kendaraan mobil tangki yang digunakan untuk kendaraan operasional. Sedangkan, masih banyak di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong intake nya saat ini mati total dan membutuhkan suplay air bersih. Bahkan mobil tangki satu-satunya di PDAM TTE ini kerap juga digunakan untuk membantu upaya pemadaman ketika terjadi kebakaran.

“Melihat kondisi sarana dan infrastruktur PDAM TTE Lebong yang serba kekurangan ini, tentu menjadi bahan pertimbangan Kementerian PUPR. Bahkan sebelumnya kita dapat kabar jika kabupaten tetangga telah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat kendaraan operasional untuk pdam. Tentu, setelah kita bekordinasi dengan pemerintah pusat. Mereka meminta, supaya bisa diajukan secara tertulis dan minta persetujuan bupati di setiap daerah itu sendiri,” pungkas Sopian.(777)