PBK Minta Tambah Armada

pbk-benteng-personel-pbk-benteng-small
Bakti/Bengkulu Ekspress. Personel PBK Kabupaten Benteng berpantang pulang sebelum padam.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Banyaknya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) membuat Kantor Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kabupaten Benteng harus memiliki armada pemadam kebakaran yang cukup dan memadai.

Untuk itu, PBK mengusulkan dana sebesar Rp 2,6 miliar ke Pemerintah Pusat untuk membeli mobil armada kebakaran yang akan ditempatnya di Desa Taba Lagan Kecamatan Talang Empat dan Kecamatan Merigi Kelindang, Benteng.

Kepala Kantor PBK Benteng, Drs Firdausi Romsay B menuturkan, tahun ini pihaknya menerima kucuran anggaran Rp 861 juta yang digunakan membangun pos baru di Kecamatan Bang Haji.

“Saat ini kita telah memiliki tiga pos PBK, yakni di Kecamatan Pondok Kelapa, Merigi Sakti dan Kecamatan Talang Empat. Tiga pos tersebut disiapkan untuk melayani beberapa kecamatan lain,” jelas Firdausi.

Mantan Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Kepahiang ini menuturkan, Pos Kecamatan Pondok Kelapa melayani Kecamatan Pematang Tiga, Pondok Kelapa, Pondok Kubang dan Bang Haji.

Pos di Desa Nakau melayani Kecamatan Karang Tinggi, Talang Empat, Merigi Kelindang dan Pos PBK Kecamatan Taba Penanjung  melayani wilayani Kecamatan Taba Penanjung dan Merigi Sakti.

“Jika usulan kami tahun bisa terealisasi tahun depan, dua pos tersebut bisa segera dibangun dan hal ini tentunya akan sangat membantu masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Karang Tinggi Tamsirudin SH mengatakan, selama ini penangangan bencana kebakaran sebagian besar masih ditangani oleh masyarakat secara manual.

Hal tersebut terjadi akibat keterlambatan personel dan armada PBK dalam mendatangi lokasi yang tertimpa bencana.

“Kami sangat mendukung jika ada penambahan armada dan pos PBK di Kabupaten Benteng. Dengan demikian, diharapkan penanganan bencana kebakaran bisa ditanggapi secara lebih cepat dan sigap,” harap Camat.(135)