Pantau Harga, Polsek Sidak Pasar

SIDAK: Kapolsek Kaur Selatan bersama anggota saat turun langsung ke pasar memantau harga Sembako di pedagang Pasar Inpres, Kamis (11/1).
SIDAK: Kapolsek Kaur Selatan bersama anggota saat turun langsung ke pasar memantau harga Sembako di pedagang Pasar Inpres, Kamis (11/1).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Guna meminimalisir kelangkaan barang kebutuhan pokok dan permainan harga Sembako oleh para pedagang di wilayahnya, Kapolsek Kaur Selatan, Iptu Surya Purnama, SH, bersama anggotanya melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Inpres Kota Bintuhan, Kamis (11/1). Dari hasil Sidak, belum ada kenaikan harga yang sangat signifikan, dan harga beras mengalami kenaikan Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000 perkilogramnya.

“Dari hasil pantaun kita di pasar tadi (kemarin), yang terjadi naik itu beras, dari Rp. 10.000 perkilonya kini naik Rp. 12.000 perkilo, dan kalau yang lain masih stabil,” kata Kapolsek, kemarin (11/1).

Dikatakan Kapolsek, pemantauan harga barang juga dilakukan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat, guna mencegah terjadinya tindak pidana ekonomi seperti penimbunan pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Juga pemantauan dilakukan untuk mengetahui langsung bagaimana harga, stok, dan distribusi kebutuhan pokok masyarakat, terutama harga beras yang mengalami kenaikan dari biasanya.

“Meski harga kebutuhan pokok lain cenderung stabil, tapi kita akan terus pantau perkembangannya seperti apa. Jangan sampai nanti harga tidak terpantau dan tiba-tiba melonjak yang kemudian membuat gejolak di masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan Kapolsek, dari hasil Sidak ke pasar, untuk harga beras IR dari Seginim Rp. 35.000 perkulak, beras IR dari Pagar Alam Rp. 37.000 perkulak, Tepung Terigu Rp. 9.000 perkilo, Bawang Merah Rp. 25.000 perkilo, Minyak Goreng Rp. 15.000 perliter dan Cabai Merah Rp. 40.000 perkilonya. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait di Pemkab Kaur.

“Kita selalu koordinasi dengan dinas terkait soal harga Sembako ini, dan ini untuk menyiapkan langkah strategis apabila sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok yang terlampau tinggi,” terang Kapolsek.

Ditambahkan pria asal Medan ini, selain memantau harga pasar, ia juga menyampaikan arahan kepada pedagang pasar dan pembeli serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polres Kaur.

“Di sini kita sampaikan juga kepada pedagang agar lebih meningkatkan keamanan, salah satunya pencopet karena ini sering kali terjadi,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*