Panitia Pilkades Harus Profesional

Syalehjon
Syalehjon

BINTUHAN, BENGKULU EKSPRESS – Panita pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 15 November 2017 ini diminta untuk tidak memihak salah satu pasangan calon dan harus bersikap netral. Sebab panita harus dapat mendeteksi potensi gejolak yang bakal terjadi saat Pilkades berlangsung secara serentak nanti.

“Kita minta kepada panita Pilkades harus mampu menjalankan tugasnya secara profesional dan harus netral, dan jangan sampai nanti bermasalah,” kata Plt Kepala PMD Kaur, Hendris MM, melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa, Syalehjon SPd, belum lama ini. Dikatakannya, agar proses Pilkades berjalan dalam suasana yang kondusif, aman dan terkendali, maka seluruh panitia Pilkades tidak boleh mengedepankan kepentingan pribadi atau keberpihakan kepada salah satu calon, tetapi harus bersikap dan bertindak profesional sesuai aturan. Sebab potensi gejolak juga dapat terjadi dari calon pemilih, dimana gejolak nanti dapat menimbulkan perselisihan baik ketika pemilihan maupun kedepannya.

“Makanya untuk mengatasi gejolak dalam Pilkades ini, panitia harus menjunjung tinggi asas demokrasi dan sikap netral, sehingga Pilkades ini sukses tanpa masalah,” ujarnya. Ditambahkannya, dalam pesta demokrasi Pilkades yang akan diikuti 11 desa yang tersebar di 9 kecamatan Kabupaten Kaur pada 15 November ini. Diharapkan para kandidat dan keluarga menjunjung tingi nilai-nilai jujur dan adil. Juga Pilkades harus transparan dan panitia dilarang untuk melakukan pungutan iuran maupun hal lainnya terhadap calon yang berkompetisi nantinya. “Diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berjalan lancar, dan dapat melahirkan pimpinan desa yang berkualitas untuk kurun waktu enam tahun ke depan,” jelasnya. (618)