Padi Penyakitan, Lapor PPL

BINTUHAN,BE- Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Reskan Efendi, SE meminta warga secepatnya menyampaikan ke Petugas Penyuluh lapaangan (PPL) di desa masing-masing. Bila terdapat keluhan terkait dengan tanaman padi miliknya. Ini terkait saat ini sudah mendekati musim panen sementara banyak petani yang biasanya mulai mengeluhkan hama perusak tanaman. “Nanti langsung kordinasikan terkait cara pencegahannya termasuk juga cara membasminya bila ada hama mengganggu tanaman padi,” kata Reskan.
Menurutnya, sejumlah masyarakat di kabupaten kaur terutamadi Wilayah Padang Guci saat ini padinya tinggal menyisakan beberapa minggu lagi untuk dapat dipanen. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal itu tentu saja harus dilakukan perawatan masimal termasuk juga pembasmian penyakit tanaman serta dilakukan pemupukan. “Jangan malu berkodinasi dan menyampaikan keluhan dengan petugas semuany pasti akan dilayani sehingga kita harapkan hasil panen yang didapat nantinya berlimpah,” terangnya.
Ditambahkanya, saat ini hampir setiap desa sudah ada penyuluhnya terutama untuk desa yang mempunyai hamparan sawah yang luas. Kalaupun tidak ada minimal dalam satu kecamatan terdapat dua atau tiga penyuluh dan PPK yang dapat mengontrol bila terjadinya serangan penyakit tanaman sehinga dapat melakukan kordinasi langsung. “Kita minta kepada PPL yang sudah kita tempatkan untuk lebih aktif lagi memperhatikan, petani di Kecamatannya masing-masing,” harapnya.(618)