Padang Kedeper Bentuk Bank Sampah

SAMPAH : Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung, Bripka Anis Kartiko bersama warga Desa Padang Kedeper, Kecamatan Merigi Kelindang saat memilah-milah sampah yang dibawa masyarakat.
SAMPAH : Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung, Bripka Anis Kartiko bersama warga Desa Padang Kedeper, Kecamatan Merigi Kelindang saat memilah-milah sampah yang dibawa masyarakat.

MERIGI KELINDANG, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat Desa Padang Kedeper, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam menjaga kebersihan lingungan.
Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membentuk bank sampah yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi masyarakat untuk membuang sampah tak terpakai.

“Salama ini, sampah dari rumah tangga hanya dibuang secara sembarangan ataupun dibakar. Hal ini tentu saja akan merusak kelestarian lingkungan. Atas inisiatif dan binaan Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung, kami akhirnya membentuk Bank Sampah,” ungkap Kepala Desa (Kades) Padang Kedeper, Suparto, kemarin (6/2).

Sejauh ini, lanjut Suparto, Bank Sampah sudah menampung berbagai jenis sampah masyarakat. Dimulai dari plastik, besi ataupun sampah rumah tangga.

“Saat ini, masyarakat hanya menabung sampah yang disetorkan dan dicatat. Direncanakan, sampah yang terkumpul akan dijual kepada pengumpul samkah atau barang bekas pada pertengahan tahun 2018 ini. Secara keseluruhan, sudah ada 50 keluarga yang rutin menyetorkan sampah,” ungkap Kades.

Terpisah, Kapolsek Taba Penanjung, AKP Indramawan Kusuma Trisna SIK melalui Bhabinkamtibmas, Bripka Anis Kartiko memberikan apresiasi kepada masyarakat dibawah naungan TP PKK Desa Kedeper yang telah berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Sampah rumah tangga juga bisa memberikan manfaat, yakni menjadi bahan untuk pupuk kompos. Selain itu, sampah plastik juga bisa dijadikan untuk bahan kerajinan tangan ataupun dijual kepada pengumpul sampah,” jelas Anis. (135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*