PAD Dispenda Surplus

BENGKULU, BE – Kendati mesih menyisahkan beberapa hari lagi hingga akhir tahun 2014. Namun dapat dipastikan bahwa dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bengkulu akan meraih surplus pada PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun ini. Hal ini ditunjukan dari target PAD 2014 sebesar Rp 608, 982 miliar. Namun hingga November 2014 ini PAD mencapai Rp 616,780 miliar.

“Hingga bulan November 2014 ini saja kita target kita sudah tercapai 101,2 persen. Ini sudah melebihi terget PAD,” terang Kepala Dispenda Provinsi Bengkulu Yahiri SPd MM, melalui staf Bidang Pembukuan dan pelaporan Mahdalena SE, ditemui, kemarin.

Lebih lanjut dijelaskanya, PAD dari Dispenda ini berasal dari 4 jenis penerimaan, dinataranya pajak daerah (Pajak kendaraan bermotor, pajak balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak rokok) sebesar Rp 445,8 miliar, pajak retribusi daerah (j

asa umum, jasa usaha, perizinan tertentu) sebesar Rp 14,1 miliar, hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan sebesar Rp 16,78 miliar dan lain-lain PAD yang sah sebesar Rp 140 miliar.
Dijelaskannya, kendati sudah dipastikan surpus, ia belum bisa memastikan besaran surplus Dispenda pada tahun ini. Sebab, hingga saat ini pihaknya masih dalam proses penghitungan dan menunggu setoran PAD dari masing-masing penerimaan. “Angka ini masih dalam rekonsiliasi data, hanya saja jika pun nantinya ada perubahan tak akan jauh berbeda,” tutupnya.(135)