Packing Plant Semen Padang Segera Diresmikan

Eko/Bengkulu Ekspress PEMBANGUNAN: Packing plant atau pabrik pengepakan PT. Semen Padang yang dibangun di Pulau Baai Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu akan diresmikan pada April 2018 ini.
Eko/Bengkulu Ekspress PEMBANGUNAN: Packing plant atau pabrik pengepakan PT. Semen Padang yang dibangun di Pulau Baai Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu akan diresmikan pada April 2018 ini.

REI Siap Jalin Kerjasama

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Packing plant atau pabrik pengepakan PT. Semen Padang yang dibangun di Pulau Baai Kelurahan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu akan diresmikan pada April 2018 ini.

Peresmian ini pun disambut semua pihak, salah satunya Ketua Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Bengkulu, Taman SE.

Ia mengatakan, dibukanya pabrik packing plant semen merupakan terobosan baru yang patut didukung.

Sehingga langkah ini mampu mempercepat pembangunan yang ada di Bengkulu, khususnya dari sisi pembangunan perumahaan.

“Upaya ini memang sudah kita tunggu. Sehingga mampu mendukung pembangunan di Bengkulu,” ujar Taman kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (3/4).

Dipaparkannya, disamping mendukung pembangunan, langkah PT Semen Padang ini juga menciptakan lapangan kerja baru di Provinsi Bengkulu. Sebab, hadirnya packing plant di Pelabuhaan Pulau Baai itu sangat banyak membutuhkan pekerja untuk melakukan operasional pengepakan semen untuk di distribusikan diseluruh penjuru Bengkulu.

“Lapangan pekerjaan baru ini yang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” tambahnya.

Taman menegaskan, dengan pembangunan tersebut juga akan mampu mengurangi biaya pendistribusian Semen Padang.

Sehingga harga Semen Padang juga akan lebih dinamis, dibanding belum adanya pengepakan di lakukan di Provinsi Bengkulu.

Untuk itu, REI Bengkulu siap menjalin kerjasama, untuk mempercepat pembangunan khususnya pada pembangunan perumahaan yang maju pesat di Bengkulu.

“Jika dibutuhkan kerjasama, kami siap. Karena kerjasama ini juga sudah dilakukan di berbagai provinsi, termasuk Jawa Timur. Ini akan sangat membantu kita,” ungkap Taman.

Sementara itu, Kepala Biro Humas PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati menjelaskan, PP Semen Padang di Bengkulu dilakukan peletakan batu pertama pada 28 Desember 2016 lalu, dan direncanakan akan di lauching pada bulan April ini.

Pembangunan proyek ini diharapkan tidak hanya berdampak positif bagi PT Semen Padang, tetapi juga bagi pembangunan infrastruktur di Bengkulu.

Pembangunan packing plant dengan investasi Rp 75 miliar ini akan memberikan dampak yang cukup besar.

“Ini bisa ikut mendorong perekonomian, khususnya di lingkungan pabrik, penyerapan tenaga kerja, dan program Corporate Social Responsibility (CSR),” ungkap Nur.

Sementara, lanjut Nur, bagi PT Semen Padang sendiri, kehadiran pabrik pengepakan ini dapat mempertahankan dan mengembalikan “market share” di Provinsi Bengkulu, efisiensi biaya distribusi kapal, dan meningkatkan brand image Semen Padang melalui jaminan kontinuitas suplai, kemasan yang lebih rapi dan bersih.

Fasilitas pengepakan yang dibangun Semen Padang di Bengkulu ini meliputi dermaga, unloading facility, loading truck, steel silo dengan kapasitas 2 X 3000 ton, packer, bulk loading, pengisian kantong big bag, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Ruang lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan sipil, dan mekanikal,” tambahnya.
Pelaksanaan pekerjaan kontruksi melibatkan kontraktor lokal dan nasional.

Packing Plant yang dibangun ini berkapasitas 300.000 ton per tahun, dan diharapkan nantinya dapat melayani pasar Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Lebong.

“PT Semen Padang merupakan perusahaan asli Indonesia di bawah holding Semen Indonesia Group. Perusahaan ini merupakan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, berdiri sejak 18 Maret 1910,” pungkas Nur. (151/prw)