Operasi Berjalan Lancar, Pedrosa Absen 2 Seri

LONDON- Operasi bahu yang dijalani Dani Pedrosa berjalan sukses. Dari hasil operasi yang dilakukan Jumat (3/4), tim dokter berhasil mengangkat lapisan pembungkus yang berfungsi membentuk otot. Di situlah letak organ Pedrosa yang bermasalah.

Pembalap andalan Repsol Honda itu menjalani operasi di bawah kontrol Dr Angel Villamor. Dia adalah ahli bedah ortopedik dan direktur medis iQtra Medicina Avanzada. Operasi berlangsung dua jam.

“Operasi tersebut sangat rumit dan agresif menggunakan tekni microsurgery dan lensa mikroskopik. Berlangsung dua jam dengan menggunakan bius lokal,” ungkap Dr Villamor.

Dokter membedah dan mengangkat selaput fascia yang sudah mengalami hypertrophy. Itu adalah peristiwa membesarnya organ atau jaringan akibat pembengkakan komponen di dalamnya. Pembengkakan tersebut meningkatkan tekanan di dalam kompartemen otot hingga mengakibatkan kesakitan hebat.

Pembalap 29 tahun itu diperkirakan sudah bisa meninggalkan rumah sakit setelah memastikan bahwa proses evolusi pascaoperasi menunjukkan hasil positif. Juara dunia kelas 250 cc tiga musim tersebut akan mengujungi Dr Villamor secara rutin dalam beberapa pekan ke depan.

Kemudian, dia harus menjalani program fisioterapi yang dirancang khusus. Proses pemulihan diperkirakan memakan waktu 4-6 minggu. Meski demikian, kepastian untuk kembali membalap belum bisa ditentukan oleh Dr Villamor. Kabarnya, Pedrosa harus absen dua seri.

“Sekarang kami akan memonitor kondisi Dani dalam beberapa pekan ke depan untuk mengukur kesuksesan operasi,” tandasnya seperti dilansir MotoGP.com. (cak/ham/jos/jpnn)