OPD Wajib Dukung Pengarusutamaan Gender

In Bengkulu Tengah, Berita Utama, Daerah
Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA foto bersama Plh Bupati, Kepala DP3APPKB Benteng dan pejabat lainnya usai membuka sosialisasi tentang PUG di RM Riung Gunung, Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, kemarin (18/4/2017).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindangan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar kegiatan sosiaslisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Rumah Makan Riung Gunung, Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Selasa (18/4) kemarin.

Kepala DP3APPKB Kabupaten Benteng, Sri Haryati Prasetia SSTP mengharapkan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Benteng berkomitmen mendukung pengarusutamaan gender atau persamaan kendudukan antara kaum perempuan dan kau pria.

“Dengan adanya sosiasialisasi ini, diharapkan agar terciptanya komitmen OPD untuk mendukung PUG,” harap Sri.

Wanita yang sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Badan Pembedayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Benteng ini mengatakan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh OPD dalam mendukung kesetaraan gender.

Salah satunya menyusun perencanaan terhadap program kegiatan yang akan dilakukan dengan memperhatikan kesetaraan gender.

“Ke depan, diharapkan kepada seluruh OPD mampu menyusun kegiatan yang melibatkan seluruh gender. Dengan demikian, antara perempuan dan pria bisa menikmati manfaat dalam porsi yang sama atas program yang dilakukan,” ungkap wanita yang pernah menjabat selaku Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Benteng ini.

Sosialisasi yang dibuka Wakil Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah NMA ini juga dihadiri, Pelaksana harian (Plh) Bupati Benteng Muzakir Hamidi SSos MM, seluruh pimpinan OPD jajaran Pemda Benteng serta perwakilan dari FKPD.

Dalam sambutannya, Wakil gubernur Bengkulu memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh DP3APPKB Kabupaten Benteng. Bahkan, secara tegas Wakil Gubernur meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) bisa memonitoring seluruh kegiatan dan program yang dilakukan OPD. Hal ini demi mencari tahu sejauh mana keseriusan OPD dalam mendukung kesetaraan gender di Kabupaten Benteng.

“Silahkan Sekda melakukan penyisiran atau pemantauan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan OPD secara satu-persatu. Cari tahu, apakah kegiatan mereka pro  gender atau tidak. Diharapkan, kegiatan yang dilakukan bisa memberikan manfaat yang seimbang, baik itu untuk laki-laki ataupun untuk perempuan,” tandas Rohidin.(135)

You may also read!

400 Ribuan Honorer K2 Berharap Revisi UU ASN Berujung Menyenangkan

jpnn.com, JAKARTA – Pembahasan perdana revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilaksanakan 5 Juni?, disambut sukacita honorer

Read More...

Pernyataan Sikap MUI soal Bom Kampung Melayu

jpnn.com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pelaku bom di Halte Transjakarta Terminal Bus Kampung Melayu, Jakarta

Read More...

Dul Jaelani Ubah Gaya Rambut, Kenapa Cantik Begini?

Anak pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Abdul Qodir Jaelani atau yang kerap dipanggil Dul, memang memiliki rambut

Read More...

Mobile Sliding Menu