November, Surat Suara Didistribusikan

ARGA MAKMUR, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) saat ini sedang melaksanakan masa lelang surat suara. Diperkirakan pada bulan November nanti surat suara akan didistribusikan.

”Untuk surat suara bulan November kemungkinan kita distribusikan,” jelas Ketua KPU BU, Dr Rodi pada BE kemarin.

Sementara untuk logistik pemilu lain seperti bilik suara dan kotak suara dipastikan tidak ada kekurangan. Tidak ada penambahan bilik suara dan kotak suara, karena untuk pilkada tahun ini TPS berkurang menjadi 582 TPS. Pada Pilpres lalu jumlah TPS di Kabupaten BU sekitar 700 TPS. Pemaksimalan jumlah TPS ini berdasarkan PKPU nomor 4 tentang pemutakhiran data dan pemilih. Dengan kata lain jika ada TPS yang berdekatan di suatu Desa atau Kecamatan akan digabung, dengan syarat tidak melebihi 800 pemilih.

“Kotak suara dan bilik suara tidak ada penambahan, masih menggunakan bilik suara dan kotak suara pilpres lalu. Ini berdasarkan peraturan PKPU nomor 4, TPS yang sebelumnya sekitar 700 saat pilpres sekarang menjadi 582.

Sementara itu untuk kampanye akbar pasangan calon, sejauh ini KPU belum menerima jadwal dari setiap paslon. Saat ini setiap paslon masih melakukan kampanye akbar sampai tiga hari sebelum pilkada serentak dimulai tanggal 9 Desember mendatang.

“Sejauh ini kita belum menerima jadwal kampanye akbar yang dilakukan setiap paslon, mengingat kampanye yang mereka lakukan masih lama waktunya. Selain itu kampanye akbar juga tidak diwajibkan untuk setiap paslon,” pungkas Rodi. (167)