Netral dalam Pilkada Harga Mati Bagi TNI

DENDI - Danrem 041 Gamas Bengkulu, Kol Inf  Fajar Budiman SIP saat menegaskan bahwa Netralitas Pilkada adalah harga mati bagi TNI  (1)

BENGKULU, BE –  Komandan Korem 041 Gamas Bengkulu, Kolonel Inf Fajar Budiman SIP menyampaikan bahwa seluruh personel TNI di jajaran Korem 041 Gamas wajib menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada pasangan calon tertentu selama berlangsungnya tahapan Pilkada serentak 2015 di Provinsi Bengkulu.  Hal ini disampaikan Danrem pada saat mengisi acara Dialog Semangat Pagi Indonesia dengan tema “Netralitas TNI Dalam Pilkada Serentak 2015” di Taman Kantor LPP TVRI Bengkulu, kemarin pagi (6/10).
Danrem menyampaikan, netralitas bagi TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
“Implementasi netralitas TNI dalam pilkada adalah Pertama, netral dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan pemilihan kepala daerah. Kedua, mengamankan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri, ketiga, prajurit TNI tidak gunakan hak pilih, keempat, khusus bagi keluarga prajurit TNI (istri/suami/anak Prajurit TNI), hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara, institusi/satuan dilarang beri arahan dalam menentukan pelaksanaan hak pilih tersebut,” ujarnya.
Setiap prajurit TNI di Provinsi Bengkulu, baik selaku perorangan maupun atas nama institusi tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta Pilkada untuk kepentingan kegiatan apapun dalam Pilkada, tidak melakukan tindakan dan atau pernyataan apapun yang bersifat mempengaruhi keputusan KPU atau Panwaslu, tidak memberikan komentar, penilaian dan mendiskusikan apapun terhadap identitas maupun kualitas salah satu pasangan calon Pemilukada.
“Pilkada 2015 serentak di Provinsi Bengkulu, memiliki arti yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dalam menentukan pemimpin bangsa yang mampu membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi mayarakat Bengkulu. Oleh karena itu Korem 041 Gamas beserta Polda Bengkulu, penyelenggara Pilkada, Pengawas Pilkada dan semua komponen masyarakat harus dapat berperan aktif sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing untuk bersama-sama mengawal, mendukung dan mensukseskan Pilkada 2015 di Provinsi Bengkulu agar dapat berjalan dengan aman, tertib, jujur, adil dan demokratis,” jelasnya.
Danrem menghimbau kepada masyarakat Bengkulu agar menggunakan hak pilihnya pada pilkada 9 Desember  2015 mendatang. “Ajak keluarga, teman, saudara, sahabat untuk memilih jangan golput, karena suara anda akan menetukan nasib Bengkulu lima tahun kedepan. Kepada tim sukses dan calon pilkada saya tegaskan netralitas TNI adalah harga mati. Oleh karena itu, jangan mengajak-ngajak prajurit untuk tidak netral,” tegasnya.(400)