Nature Camp GenBI Peduli Lingkungan Ajak Pendaki Jaga Kebersihan Bukit Kaba

 

Generasi Baru Indonesia (GenBI) adalah Komunitas Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia yang dibentuk di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Bengkulu. Baru-baru ini mereka menggelar Nature Camp Peduli Lingkungan di Bukit Kaba, Rejang Lebong.

==

Mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia merupakan wahana serta sarana pengembangan kepemimpinan mahasiswa berbasis kampus yang diperuntukan dan dikelola oleh para mahasiswa penerima beasiswa.

Hal tersebut dalam rangka akselerasi dan optimalisasi potensi bibit – bibit unggul muda Indonesia yang memiliki beragam latar belakang bidang keahlian dan peminatan dengan harapan dapat melahirkan para pemimpin bangsa (future leader) yang memiliki kemampuan serta wawasan yang lebih luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan kehidupan dunia dimasa depan.

Generasi Baru Indonesia juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat sehingga para Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia dapat menjadi pemimpin yang menjulang ke atas dan mampu mengakar ke bawah hingga terbangunnya mental pembelajaran yang bertitik pada proses perbaikan diri yang berkelanjutan.

Sebagai Generasi Baru Indonesia, mahasiswa komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia diharapkan dapat melakukan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan, diantaranya adalah kegiatan Nature Camp GenBI Peduli Lingkungan yang dilaksanakan di Bukit Kaba, salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Bukit ini berada pada ketinggian 1938 mdpl atau 6.358 kaki. Meskipun jarak tempuh menuju ke Kaki Bukit Kaba dari Kota Bengkulu menggunakan kendaraan kurang lebih tiga jam, kemudian dilanjutkan dengan pendakian untuk mencapai puncak dari kaki Bukit Kaba sekitar tiga jam perjalanan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian GenBI Bengkulu terhadap lingkungan karena di Bukit Kaba sampah plastik makanan para pendaki masih menjadi .

Masalah sampah di Bukit Kaba tersebut diungkapkan Ketua KPHK Bukit Kaba,Winarso ketika beberapa anggota GenBI Bengkulu melakukan survei ke lokasi kegiatan.

Karenanya, GenBI Bengkulu merasa perlu untuk melakukan kegiatan yang bisa menginspirasi masyarakat, khususnya para wisatawan atau pendaki agar tidak membuang sampah sembarangan di puncak Bukit Kaba.

Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang Generasi Baru Indonesia Provinsi Bengkulu dibuka dan di resmikan oleh Nurdin selaku Kepala Resort KSDA Bukit Kaba 1.

Adapun rangkaian kegiatannya dimulai dengan memasang 4 buah papan imbauan di puncak Bukit Kaba yang mengandung pesan ‘Bawa Turun Sampahmu’ dan 1 papan tata tertib sebelum pendakian di kaki Bukit Kaba, memberikan bantuan pengadaan 5 pasang tong sampah di kawasan kaki Bukit Kaba yang diletakkan masing-masing 3 pasang di sekitar pos pendakian dan 2 pasang di gerbang pendakian jalur depan, serta langsung melakukan aksi bersih dan membawa turun sampah yang ada di puncak Bukit Kaba.

Herdian Sugianda selaku Ketua GenBI Bengkulu mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas GenBI sinkron yaitu dengan memasang papan imbauan untuk membawa turun sampah dan menyediakan tong sampah di bawah (kaki Bukit Kaba) serta memberikan contoh langsung aksi bersih sampah.
(Ferolika – Sekretaris GenBI)