Senin, 11/03/2013 - 10:22 WIB
Politik | beonline - Bengkulu Ekspress

Nasdem Pangkas Caleg

nasdemBENGKULU, BE -Partai pendatang baru, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Kota Bengkulu berhasil mengumpulkan 120 orang bakal caleg untu menduduki kursi DPRD Kota. Berasal dari tokoh masyarakat, politisi, hingga masyarakat umum yang ingin menggunakan partai itu sebagai kendaraan politik menuju kursi legislatif.

Ketua Dewan DPD Nasdem Kota Bengkulu, Suhartono mengatakan pihaknya tidak ingin nama partainya rusak hanya karena sembarangan menetapkan caleg. Sehingga dukungan murni KTP dari masyarakat, merupakan bukti otentik untuk memperketat syarat calon. Karena partainya memang memberi instruksi kepada setiap calegnya menyerahkan bukti dukungan 250 hingga 1.000 orang dengan bukti KTP.

“Semuanya tidak bisa kita akomodir. Berdasarkan mekanisme partai, caleg wajib untuk menyerahkan dukungan sebanyak 250 sampai dengan 1000 orang, baru bisa kita calonkan. Kalau tidak, akan dipangkas,” jelasnya.

Dilanjutkannya, dengan persyaratan tersebut maka tidak setiap masyarakat bisa maju melalui NasDem. Tidak hanya mengumpulkan dukungan dari masyarakat, namun partai baru ini juga melakukan penyeleksiaan kembali melalui sebuah survei terhadap popularitas calon.

Survei sendiri akan dilakukan oleh pengurus dan organisasi sayap sesuai dengan tingkatan. Anggota timnya direncakan berjumlah 9 orang yang diambil berdasarkan tingkatan serta tidak terlibat dalam pencalonan. Sehingga dukungan melalui KTP tersebut juga akan dicek kebenarannya yang akakn dibentuk dalam beberapa waktu ke depan.

“Ini mutlak kita lakukan, agar menghasilkan caleg berkualitas. Selanjutnya setelah kita verifikasi maka harus ada penandanganan siap untuk ditempatkan di Dapil manapun. Karena ini kewenangan dari pengurus partai, dan nama tersebut kita serahkan kepaada DPP,” tukasnya. (160)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 9 = enam puluh tiga

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved