Nasabah Bank Ditodong Senpi

Dua Pelaku Dibekuk, Satu Kabur

pelaku-begal
Tampak kedua korban saat memberikan laporan terhadap pihak kepolisiaan di Mapolres BU. (Foto IST/BE).

ARGA MAKMUR, BE– Aksi nekat dilakukan 3 orang perampok di Desa Gunung Selan Kecamatan Kota Arga Makmur, tepatnyadi depan kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar pukul 10.30 WIB, pagi kemarin (3/11).

Tiga orang pelaku ini mengincar nasabah Bank BRI usai melakukan penarikan uang sebesar Rp 35 juta. Akhirnya 2 dari 3 pelaku berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres BU bekerja sama dengan Mapolsek Kerkap. Kedua pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres BU.

Kronologis kejadiannya, bermula dari kedua korban yakni Rita Risna Wati SPd (31) bersama sang suami M Suherli (37) warga Desa Taba Baru Kecamatan Lais usai mengambil uang di Bank BRI Cabang Kota Arga Makmur.

Tak lama keluar dari bank menggunakan sepeda motor Yamaha Mio warna hitam, korban mencurigai 3 pelaku menggunakan 2 sepeda motor yakni Honda CBR dan Suzuki Satria FU yang mengikuti dari belakang.

Tak lama kemudian, sesampainya di depan kantor Dishubkominfo BU, seketika itu korban langsung dipepet oleh kedua pengendara serta menodongkan 2 unit senjata api (senpi) rakitan dan airsoft gun ke arah korban. Sontak kedua korban langsung kaget. Apalagi salah satu pelaku langsung menarik tas yang sandang Risna, berisikan uang sebesar Rp 35 juta.

Risna melawan, sehingga terjadi tarik menarik tas itu. Karena kalah tenaga, Risna jatuh dari sepeda motor. Selanjutnya ia berteriak minta tolong, akihrnya ketiga pelaku langsung kabur menggunakan sepeda motor ke ara Desa Rama Agung.

Tak lama kemudian, polisi langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengejar para pelaku. Sementara itu, kedua korban dimintai keterangan di Mapolres BU.

Tak lama berselang sekitar setengah jam tepatnya sekitar pukul 11.00 WIB, akihrnya 2 pelaku yakni Ro (27) warga Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dan An (28) warga Lubuk Linggau Kabupaten Musi Rawas berhasil ditangkap jajaran Polsek Kerkap saat tengah melitas menggunakan sepeda motor CBR di Desa Lubuk Jale Kecamatan Kerkap.

Sedangkan 1 orang pelaku lainnya menggunakan Suzuki Satria FU berhasil melarikan diri dan dalam pengejaran pihak kepolisian.

Dari tangan kedua pelaku polisi berhasil mengamankan 1 pucuk airsoft gun dan 1 pucuk senpi rakitan jenis revolver yang digunakan pelaku saat melancarkan aksinya. Kemudian polisi juga mengamankan Honda CBR yang kendarai pelaku saat beraksi. Salah seorang honorer Dishubkominfo BU Linda yang ketika itu berada di kantor kaget mendengar ada aksi begal yang terjadi.

Ia bahkan bersama pegawai Dishubkominfo keluar kantor untuk melihat ke TKP.

“Kami di Dishub sangat cemas atas kejadian ini. Apalagi kami perempuan dan sering berangkat dan pulang kantor menggunakan sepeda motor sendirian,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE), kemarin.

Terpisah Kapolres BU AKBP Andhika Vishnu SIK melalui Kasat Reskrim AKP Jufri SIK membenarkan aksi tersebut. Kedua pelaku, telah diamankan di Polres BU, sedangkan 1 pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

“Iya memang sudah terjadi tindak pencurian dengan kekerasan di depan kantor Dishubkominfo Desa Gunung Selan. Aksi ini dilakukan oleh 3 orang pelaku dengan mengendarai 2 sepeda motor. Dan 2 pelaku sudah kita amankan,’’ ujar Kasat Reskrim saat ditemui BE, kemarin.

Ia menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan berhati-hati ketika membawa sesuatu barang yang berharap. Sehingga tidak menjadi korban kejahatan.

“Kita tekankan seluruh masyarakat untuk selalu mawas diri atas segala bentuk tindakan kejahatan,’’ pungkasnya.(cw5)